WACANA IKLAN KARTU KREDIT VERSI LUCKY REWARD
DOI:
https://doi.org/10.33375/vslt.v2i1.1092Keywords:
Wacana, Iklan, Kartu Kredit, SosiokulturalAbstract
Sebagai salah satu kajian wacana, iklan adalah sebuah model komunikasi yang menarik, karena keunikan dalam iklan maka dapat dibedakan bentuk komunikasi wacana tulis atau non-tulis yang lain. Pesan dalam iklan memiliki dua tingkatan makna, yaitu makna eksplisit dan makna yang dikemukakan secara implisit di balik tampilan iklan. Iklan kartu kredit sebagai sebuah produk budaya populer pada saat sekarang ini menjadi sebuah fenomena tersendiri di masyarakat. Kartu kredit merupakan alat bantu pembayaran yang sudah biasa di sebagian masyarakat kita. Salah satu perusahaan yang mengeluarkan produk kartu kredit adalah bank CIMB Niaga. Dalam iklan program “Lucky Reward†kartu kredit CIMB Niaga terdapat kodekode yang memiliki nilai-nilai, sikap, dan keyakinan tertentu. Wacana ini difokuskan pada kajian tentang makna yang terkandung dalam tatanan objekobjek yang muncul dalam iklan program “Lucky Rewardâ€. Wacana ini diharapkan memberikan kontribusi penting terhadap kajian analisis wacana sehingga dapat dijadikan rujukan untuk kajian selanjutnya. Objek-objek tekstual yang muncul pada iklan merupakan kalimat yang memiliki makna terselubung. Pelesapan atau elipsis digunakan untuk memadatkan kata atau mempersingkat kata supaya susunan kalimat menjadi singkat, padat, dan menarik. Berdasarkan analisis sociocultural practise dalam Lucky Reward, terdapat tiga level yakni level situasional, level institusional dan level sosial.Downloads
References
Abdullah. Defenisi Kartu Kredit. Dikutip dari http://www.alsofwah.or.id/?pilih=
indexanalisa&id=295§ion=an020 (Diakses 21/12/2009).
Eriyanto. 2001. Analisis Wacana:Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.
Ibrahim, Johannes. 2004. Kartu Kredit. Jakarta: Aditama.
Robbs, Brett. 2008. Advertising [DVD]. Redmond, WA Microsoft® Encarta® 2009.
Saidi, Acep Iwan. 2009. Di Balik Iklan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Saidi, Acep Iwan. 2009. Discourse Analysis. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Sumarlam, et.al. 2004. Analisis Wacana: Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama. Bandung: Pakar Raya.
Twhaites, Tony, et.al. 2009. Intoducing Cultural And media Studies: Sebuah Pendekatan Semiotik. Yogyakarta: Jalasutra.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Visualita agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive public distribution and display of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors wishing to include items (such as images or other media, or any creative works of others whether previously published or not) must contact the original copyright holder to obtain explicit permission to publish these items in Visualital. Writing permission should include: the title(s) of any copyrighted work, original place of publication if applicable, and an acknowledgement of having read Visualita copyright notice. Authors are responsible for obtaining this permission and keeping it in their own records for later verification.