WACANA IKLAN KARTU KREDIT VERSI LUCKY REWARD

Deni Albar

Abstract


Sebagai salah satu kajian wacana, iklan adalah sebuah model komunikasi yang menarik, karena keunikan dalam iklan maka dapat dibedakan bentuk komunikasi wacana tulis atau non-tulis yang lain. Pesan dalam iklan memiliki dua tingkatan makna, yaitu makna eksplisit dan makna yang dikemukakan secara implisit di balik tampilan iklan. Iklan kartu kredit sebagai sebuah produk budaya populer pada saat sekarang ini menjadi sebuah fenomena tersendiri di masyarakat. Kartu kredit merupakan alat bantu pembayaran yang sudah biasa di sebagian masyarakat kita. Salah satu perusahaan yang mengeluarkan produk kartu kredit adalah bank CIMB Niaga. Dalam iklan program “Lucky Reward” kartu kredit CIMB Niaga terdapat kodekode yang memiliki nilai-nilai, sikap, dan keyakinan tertentu. Wacana ini difokuskan pada kajian tentang makna yang terkandung dalam tatanan objekobjek yang muncul dalam iklan program “Lucky Reward”. Wacana ini diharapkan memberikan kontribusi penting terhadap kajian analisis wacana sehingga dapat dijadikan rujukan untuk kajian selanjutnya. Objek-objek tekstual yang muncul pada iklan merupakan kalimat yang memiliki makna terselubung.
Pelesapan atau elipsis digunakan untuk memadatkan kata atau mempersingkat kata supaya susunan kalimat menjadi singkat, padat, dan menarik. Berdasarkan analisis sociocultural practise dalam Lucky Reward, terdapat tiga level yakni level situasional, level institusional dan level sosial.
Kata kunci: Wacana, Iklan, Kartu Kredit.

Full Text:

PDF

References


Abdullah. Defenisi Kartu Kredit. Dikutip dari http://www.alsofwah.or.id/?pilih=

indexanalisa&id=295&section=an020 (Diakses 21/12/2009).

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana:Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta:

LKIS Pelangi Aksara.

Ibrahim, Johannes. 2004. Kartu Kredit. Jakarta: Aditama.

Robbs, Brett. 2008. Advertising [DVD]. Redmond, WA Microsoft® Encarta®

Saidi, Acep Iwan. 2009. Di Balik Iklan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Saidi, Acep Iwan. 2009. Discourse Analysis. Bandung: Institut Teknologi

Bandung.

Sumarlam, et.al. 2004. Analisis Wacana: Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel,

Drama. Bandung: Pakar Raya.

Twhaites, Tony, et.al. 2009. Intoducing Cultural And media Studies: Sebuah Pendekatan Semiotik. Yogyakarta: Jalasutra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

                                         

 


Flag Counter