TREN GAYA VISUAL LOGO DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEABADIAN PENGGUNAAN
DOI:
https://doi.org/10.33375/vslt.v2i1.1091Keywords:
Logo, Tren, Gaya Visual, TeknologiAbstract
Logo berfungsi sebagai identifikasi, yang mampu membentuk dan menanamkan citra pada khalayak. Dengan gaya visual yang beragam logo mempunyai karakter yang berbeda-beda, memperlihatkan ciri, bentuk, dan selera. Bahkan logo-logo tertentu muncul memiliki gaya visual khas yang mencirikan gaya rancangan yang digandrungi oleh masyarakat pada saat logo tersebut dibuat. Adanya fenomena desain, berupa perubahan logo yang diakibatkan oleh pemilihan gaya visual tertentu yang disesuaikan tren menarik untuk diteliti. Dalam penelitian ini dibahas secara deskriptif desain logo dan kaitannya dengan tren serta keabadian penggunaannya. Dapat disimpulkan dalam gaya visual logo, tren dipengaruhi oleh gaya ilustrasi dalam media, selera manusia, penemuan teknologi serta pengaruh sosial-budaya. Tren visual selalu berubah, dan mempengaruhi desain logo. Logo yang baik adalah logo berumur panjang dalam penggunaannya, ia dapat bertahan dalam perubahan tren yang ada. Tren hanya bertahan beberapa waktu saja, ia akan selalu berubah tergantung kondisi sosial-budaya masyarakat. Secara visual, desain logo yang mengikuti tren akan terasa generik, secara emosional ia tidak memberikan kesan yang beda bagi khalayak. Teknologi merupakan tools yang mengkomodir kebutuhan desainer, digunakan untuk merealisasikan konsepsi ide seorang desainer. Desain yang baik bukan desain yang dipenuhi oleh efek yang indah dan terlihat canggih yang dapat direalisasikan oleh teknologi, namun bagaimana desain itu menjadi solusi dari sebuah masalah.Downloads
References
Elliot, Stephen N et al,. 1996. Educational Pschology. Dubuqe-Iowa: Brown & Benchmark Lawson, Bryan. 1980. Bagaimana Cara Desainer Berfikir (How designers think). Yogyakarta: Jalasutra.
Morioka, Adam. 2004. Logo Design Work Book- A hands on-guide to creating logo. Massacussets-USA: Rockport Publishing.
Olins, Wally. 1989. Corporate Identity, Making business strategy visible through design. Toledo-Spain: Thames & Hudson.
Pildicth, James. 1970. Communication by Design, A study in corporate identity Maidenhad-Brekshire-England: McGraw-Hill Publishing.
Schmit, Berd & Simonson, Alex. 1997. Marketing Aesthetic. New York-USA: The Free Press.
Thwaites, Tony. et al 2002. Introducing Cultural and Media Studies, Sebuah pendekatan semiotika, Yogyakarta: Jalasutra.
Vejlgaar, Henrik. 2008. Anatomy of Tren. USA: McGraw-Hill Publishing.
Gardner, Bill. 2009. Current Logo Tren, 2009 Tren. Artikel online,
http://www.logolounge.com/logotrens/default.asp?Archive=True&ArticleID=68 0 (diakses: 12 Desember 2009).
Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity: An Essential Guide For The Entire Branding Team. Hoboken, New Jersey: John Willey & Son. Inc.
Carter, David. E. 2005. Logo Redesigned: How 200 Companies Successfully Changed Their Image. New York: Harper Collins.
Carter, David. E. 2005. The Big Book Of Logo I, II, III. New York: Harper Collins.
Lip, Evelyn. 1996. Desain dan Feng Shui. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Visualita agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive public distribution and display of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors wishing to include items (such as images or other media, or any creative works of others whether previously published or not) must contact the original copyright holder to obtain explicit permission to publish these items in Visualital. Writing permission should include: the title(s) of any copyrighted work, original place of publication if applicable, and an acknowledgement of having read Visualita copyright notice. Authors are responsible for obtaining this permission and keeping it in their own records for later verification.