DESAIN DAN PERUBAHAN BUDAYA MASYARAKAT

  • Ivan Kurniawan
Keywords: Desain, Budaya, Sosial

Abstract

Desain adalah ilmu yang berhubungan erat dengan semua aspek kehidupan manusia. Dalam kegiatan sehari-hari, orang selalu berhubungan dengan objek desain. Desain juga telah memberikan nilai dan makna bagi kehidupan manusia yang dipandang sebagai solusi dari masalah. Namun, desain tidak selalu menjadi solusi akhir, bahkan tidak jarang menimbulkan masalah baru yang terkait dengan perilaku, perspektif, struktur nilai, dan budaya penggunanya. Desain berkontribusi untuk menyebarkan nilai-nilai global yang memiliki potensi benturan dengan budaya lokal, perubahan, atau bahkan menyingkirkannya. Artikel ini akan meninjau keberadaan desain di masyarakat, terkait dengan pengaruhnya dalam membentuk budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heskett, John. 2005. Design: a very short introduction. New York : Oxford University Press.

Grimaldi, Joe. 2003. Inside the minds: the art of advertising: CEOs from BBDO, Mullin advertising & more on generating creative campaigns & building successful brands. Boston: Aspatore Books.

Slade, Giles. 2007. Made to break: technology and obsolescence in america. Cambridge : Harvard University Press.

Karaiskos, D., Tzavellas, E., Balta, G., and aparrigopoulos, T. 2010. P02-232 – Social network addiction : a new clinical disorder? European Psychiatry [Online] 25, Available at: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0924933810708464 [diakses tanggal 4 maret 2011]

Published
2009-08-02
How to Cite
[1]
I. Kurniawan, “DESAIN DAN PERUBAHAN BUDAYA MASYARAKAT”, Visualita, vol. 1, no. 1, pp. 30-34, Aug. 2009.
Section
Articles