PENGARUH TINGKAT USABILITY DESAIN RESPONSIF WEB MOBILE PERGURUAN TINGGI TERHADAP PERSEPSI PENGGUNA

Fadliyani Nawir

Abstract


Desain web responsif merupakan pendekatan yang menunjukkan desain dan pengembangan yang harus merespon perilaku pengguna dan lingkungan berdasarkan ukuran layar, platform, dan orientasi. Desain responsif yang diterapkan pada web perguruan tinggi ingin memberikan kemudahan dalam berinteraksi. Untuk mengukur bagaimana sebuah web dapat efektif, efisien dan membuat pengguna puas saat berinteraksi digunakan teori usability. Selain itu aspek kognitif juga dapat mempengaruhi proses penyampaian informasi melalui web. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh tingkat usability desain responsif web mobile perguruan tinggi terhadap persepsi pengguna. Objek penelitiannya adalah lima web mobile perguruan tinggi yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjajaran, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Analisis secara kuantitatif terhadap tingkat usability kelima web mobile menunjukkan bahwa tingkat usability yang dimiliki oleh sebuah web mobile perguruan tinggi mempengaruhi tampilan visual web berdasarkan persepsi penggunanya. Tingkat usability memberikan pengaruh sebesar 67,1%  terhadap persepsi pengguna melalui tampilan visual.

Kata kunci: Responsif desain web mobile, perguruan tinggi, usability, tampilan visual.


Full Text:

PDF

References


Bloomer, C. (1976): Principles of visual perception, New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Gapinski, D., & Runyon, E. (2012): Responsive design in higher education. mStoner.

http://youtu.be/qGPwkDtQrxU, diakses pada tanggal 2 Desember 2013 pukul 16.36 WIB.

Gaunt, M. (2014): Navigation and action patterns

https://developers.google.com/web/fundamentals/layouts/navigation-patterns/?hl=en, diakses pada tanggal 12 Februari 2015 pukul 10.27 WIB.

Joly, K. (2012): One Design to rull them all? Responsive web design in higher education. University Business, 15(2), 49.

Keynote. (2012): 2012 Mobile user survey.

http://www.slideshare.net/keynote_systems/keynote-mobile-user-survey-1-h2012, diakses pada tanggal 9 Februari 2015 09.29 WIB.

Marcotte, E. (2011): Responsive Web Design. New York: A Book Apart.

Media Queries. (2011): Choicesresponse

http://mediaqueri.es/cho/, diakses pada tanggal 4 Maret 2015 pukul 10.43 WIB.

Nielsen, J. (1999): Designing Web Usability. Barkeley: New Riders.

Nielsen, J, Loranger, Hoa. (2006): Prioritizing Web Usability. Barkeley: New Riders.

Seward, Dan. (2011): Designing Usable Mobile Websites. Brisbane: Peak Usability.

Sugiyono. (2013): Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Ware, C. (2004): Information Visualization: Perception For Design. MA: Morgan Kaufmann.

Wearesocial. (2015): Digital, Social & Mobile in 2015

http://wearesocial.net/blog/2015/01/digital-social-mobile-worldwide-2015/, diakses pada tanggal 5 Februari 2015 pukul 09.32 WIB.

Wroblewski, L. (2011): Mobile First. New York: A Book Apart.

Wroblewski, L. (2012): Multi-Device layout pattern

http://www.lukew.com/ff/entry.asp?1514, diakses pada tanggal 3 Februari 2015 pukul 19.50 WIB.

____, http://webometrics.info.

____, www.4icu.org.

____, www.topuniversities.com.

____, semantic differential

http://psychology.ucdavis.edu/faculty_sites/sommerb/sommerdemo/scaling/semdiff.htm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

                                         

 


Flag Counter