Konstruksi Sosial dan Kesalahpahaman Konstruksi dalam Iklan FREN SOBAT versi "Nelpon Pake Fren Bayarnya Pake Daun"

Irwan Tarmawan

Abstract


Pesan merupakan suatu konstruksi tanda yang melalui interaksinya dengan penerima menghasilkan makna, dan membaca adalah proses menemukan makna yang terjadi ketika pembaca berinteraksi atau bernegosiasi dengan teks (Fiske, 2004, p. 10). Pesan dalam iklan Fren versi "Nelpon Pake frenBayarnya Pake Daun," ini dirancang dengan memuat teks menjadi tanda yang dibaca dan dipersepsi oleh orang berdasarkan pengetahuan dan pengalaman dalam lingkup sosialny, yang terkonstruksi selama hidup pengguna berdasarkan proses hubungan sosial dengan beragam budaya yang berkembang terhadap sesuatu yang disepakati.

Periklanan menciptakan struktur makna, menghadiorkan realitas dalam kehidupan manusia. Pengetahuan ini memberikan kekuasaan, kekuasaan untuk membuat pelbagai pilihan tentang apa yang dapat diartikan, kekuasaan untuk menerima atau menolak apa yang diinformasikan (Burton, 2008, h.205). Membentuk pengetahuan tidak saja berdasarkan fakta, akan tetapi kemampuan dalam menganalisa dan interpretasi. Ketika pengetahuan dan pengalaman kita kurang dalam memahami sesuatu, tentunya dapat mengakibatkan terjadi kesalahpahaman dalam memahami sesuatu yang dimaksud.

Konstruksi sosial terjadi karena proses pengetahuan yang terhimpun dari setiap individu dan berkembang menjadi pengalaman dalam memahami sesuatu. Manusia dapat merubah atau memperbaiki konstruksi berdasarkan pengalaman yang dimiliki yang disepakati bersama. Iklan tidak saja harus dipandang dan dipahami sebagai bentuk komunikasi yang menawarkan sesuatu saja, iklan seharusnya bukan hanya iklan jujur, bukan hanya artistik, namun lebih dari itu iklan yang baik memiliki nilai-nilai sosial, edukasi, dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat.

Kata kunci: Interaksi sosial, Konstruksi sosial, kesalahpahaman konstruksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

                                              

                       


Flag Counter 

 

Creative Commons License
VISUALITA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.