APLIKASI SMARTPHONE SEBAGAI ALAT PENUNJANG DALAM KEGIATAN BERTANI

Hauliah Arifiani

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi, jaringan komunikasi di dunia juga semakin gencar. Bisa dikatakan, dengan konversi digital seseorang dapat berhubungan dan melakukan aktifitas secara mobile dengan bantuan aplikasi dalam smartphone. Penggunaan aplikasi mobile ini sudah sangat banyak digunakan oleh orang-orang tidak terkecuali petani-petani di desa. Namun, saking banyaknya hal yang bisa dilakukan dengan smartphone, tampaknya orang-orang menjadi sangat tergantung pada smartphone. Banyak penelitian yang sudah dilakukan dalam penggunaan aplikasi mobile bagi masyarakat luas yang tidak dikhususkan bagi petani. Hal ini memicu pada kajian yang lebih jauh tentang kebutuhan petani terhadap penggunaan aplikasi smartphone. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan kebutuhan petani selama menggunakan aplikasi smartphone sebagai media informasi dan alat penunjang dalam kegiatan bertani. Hasil dari kajian ini akan dirumuskan sebagai referensi penelitian dan pengembangan desain dari perangkat kerja bagi petani agar sesuai dengan ketentuan desain universal.

References


AF, Ahmad Gaus. (2011). Media & Integrasi Sosial: Media Alternatif. Jakarta: CSRC UIN.

Amanah, Siti., & Farmayanti, Narni. (2014). Pemberdayaan Sosial Petani – Nelayan, Keunikan Argoekosistem dan Daya Saing. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Aulia, Reza Fikri. (2014). UX vs UI. Retrieved from http://multimedia.print.kompas.com/category/ux-design/.

Jhonson, Robert R. (1998). User-Centered Technology: A Rhetorical Theory for Computer and Other Mundane Artifacts. New York: State University of New York Press.

Mitchell, Bruce., Setiawan, B., & Rahmi, Dwita Hadi. (2010). Pengelola Sumberdaya dan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Paragian, Yasser. (2014). Jumlah pecandu smartphone semakin bertambah. Retrieved from http://id.techinasia.com/jumlah-pecandu-smartphone-semakin-bertambah-berita-baguskah/.

Rozy, N. Faizah. (2014). Bila Ponsel di Jari Petani. Retrieved from http://majalaheindonesiaku.com/index.php?option=com_content&view=article&id=65&Itemid=75.

Sandhi. (n.d.). Pengembangan Aplikasi Mobile. Retrieved from Gunadarma University website: http://sandhi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/34345/J2ME-Pengembangan+Aplikasi+Mobile.pdf.

Sukino. (2013). Membangun Pertanian dengan Pemberdayaan Masyarakat Tani. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

                                              

                       


Flag Counter 

 

Creative Commons License
VISUALITA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.