PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP SURAT KABAR PADA ERA DIGITALISASI DI INDONESIA

Authors

  • Afifah Dwi Puspita Universitas Komputer Indonesia
  • Diva Devia Nurul Fitri Universitas Komputer Indonesia
  • Adikha Dwi Gustiana Universitas Komputer Indonesia
  • Mochamad Syarga Andhika Universitas Komputer Indonesia
  • Carlo Gaizka Rafsan Jani Universitas Komputer Indonesia
  • Rivaldo Daud Sonjaya Universitas Komputer Indonesia

Keywords:

Mass Media, Digitalization, Innovation Strategies, Media Convergence, Indonesia

Abstract

Pada penelitian ini membahas pengaruh media massa terhadap eksistensi surat kabar di era digitalisasi, digitalisasi telah mengubah cara masyarakat mengakses informasi yang menyebabkan perubahan signifikan terhadap industri media massa. Ini telah mengancam eksistensi media surat kabar cetak yang sebelumnya menjadi sumber informasi pertama. Dalam penelitian ini, meneliti tentang tantangan yang dihadapi surat kabar dalam menghadapi era digitalisai dan strategi inovasi yang digunakan tetap kompetitif, penelitian menunjukkan bahwa konvergensi media, diversifikasi platform, dan kolaborasi dengan media sosial adalah strategi yang efektif. Tantangan utama termasuk penurunan pendapatan iklan cetak dan meningkatnya biaya produksi konten digital. Namun, peluang dari model bisnis baru seperti langganan digital dan konten premium dapat membantu surat kabar bertahan. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan serta menganalisis data dari berbagai sumber pustaka terkait pengaruh media massa terhadap surat kabar di era digitalisasi.

Kata kunci: Media Massa, Digitalisasi, Strategi Inovasi, Konvergensi Media, Indonesia

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP SURAT KABAR PADA ERA DIGITALISASI DI INDONESIA. (2024). SPICES: Social Political Sciences Journal, 2(1), 32-43. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/spices/article/view/13636