Abstract

Berdasarkan penelitian terdahulu mengenai pembelajaran, mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Jepang. Oleh karena itu dibuat media pembelajaran berupa video animasi untuk membuat mahasiswa lebih mudah dalam mempelajari bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembuatan media berupa video animasi dua dimensi berjudul Bunpou Manabou sebagai media pembelajaran tata bahasa dalam bahasa Jepang tingkat N5. Metode yang digunakan adalah metode Luther di mana terdapat enam tahapan yaitu pembuatan konsep, perancangan media, pengumpulan aset, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian media. Media dibuat dengan bantuan software OBS Studio dan Adobe Premiere Pro dalam pembuatan medianya. Media diujikan kepada 30 mahasiswa Sastra Jepang tingkat I 2021/2022 Universitas Komputer Indonesia, kemudian data mengenai tanggapan dikumpulkan menggunakan kuesioner yang kemudian hasilnya dihitung menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konversi tingkat pencapaian skala 5 mencapai 84,6% yang berarti media Bunpou Manabou layak dijadikan media pembelajaran.


Keywords: Learning Media, Animation, Grammar, Japanese