PANDANGAN PENDATANG MUSLIM DI KOTA TSUKUBA TERHADAP PENYEBARAN INFORMASI WISATA HALAL DI JEPANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pandangan pendatang Muslim di Kota Tsukuba terhadap penyebaran informasi wisata halal di Jepang. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan disebarkan lewat media sosial. Kategori responden yang dapat mengisi kuesioner adalah warga negara Indonesia beragama Muslim yang tinggal di Kota Tsukuba. Pertanyaan dalam kuesioner mencakup pernyataan tentang bagaimana pandangan responden terhadap informasi wisata halal. Dari data yang dikumpulkan dan sudah dianalisis, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Kebanyakan responden mengetahui informasi mengenai konsep wisata halal dari media sosial; 2) Hanya sedikit responden yang mendapatkan informasi mengenai konsep wisata halal dari media sosial; 3) Hampir setengah responden mengetahui informasi mengenai konsep wisata halal dari media sosial.
Kata kunci: Pariwisata, Wisata Halal, Informasi