Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menlisik penggunaan ekspresi metafora pada website The Mark Hotel. Metafora sebagai bentuk bagaimana suatu bahasa diungkapkan berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan pesan dan ide penutur kepada pembaca. Pilihan metafora yang digunakan pada website The Mark Hotel bervariasi dan memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan efek dan nilai yang ingin dicapai oleh penutur. Oleh karena itu, rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah jenis metafora yang digunakan oleh The Mark Hotel pada website-nya. Dalam penelitian ini, klasifikasi jenis metafora didasarkan pada gagasan Knowles and Moon (2004) yang menyatakan bahwa metafora terbagi menjadi metafora konvensional dan metafora kreatif. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk menganalisis jenis ekspresi metafora adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 80% (delapan puluh persen) jenis ekspresi metafora konvensional dan 20% (dua puluh persen) jenis ekspresi metafora kreatif. Penggunaan ekspresi metafora yang diterapkan pada website The Mark Hotel membantu mereka dalam menyampaikan pesan dan ide yang tidak dapat dijelaskan melalui bahasa literal. Maka dari itu, penggunaan metafora membantu meringkas pesan dan gagasan tersebut tanpa mengurangi makna yang disampaikan melalui bahasa literal.


Kata kunci: Metafora konvensional, Metafora kreatif, Website The Mark Hotel