Pengukuran Kinerja Pembelajaran E-Learning di SMAN 3 Cimahi Menggunakan COBIT 4.1 pada Domain DS dan ME

Authors

  • Yanti Hermawati Puji Rahayu
  • Ana Hadiana
  • Taryana Suryana Program Pasca Sarjana Universitas Komputer Indonesia

Abstract

SMAN 3 Cimahi telah menggunakan sistem pembelajaran E-Learning website sekolah sejak tahun 2011 tetapi sampai saat ini belum pernah dilakukan pengukuran kinerja pembelajaran E-Learning. Penelitian dilakukan untuk mengetahui maturity level pembelajaran E-Learning dengan menggunakan COBIT 4.1 (Control Objectives for Information and Related Technologies) pada domain DS (Deliver and Support) dan ME (Monitor and Evaluate). Hasil penilaian tingkat kematangan/maturity level kondisi existing berada pada level rata-rata 2, sedangkan kondisi yang ingin dicapai rata-rata berada pada level 3. Untuk mencapai level yang diinginkan maka rekomendasi perbaikan yang mengacu kepada framework COBIT perlu diberikan diantaranya: pembuatan SOP (Standar Operasional dan Prosedur) E-Learning, melengkapi konten E-Learning, tertib administrasi pendokumentasian arsip-arsip penting, realisasi pelatihan E-Learning kepada guru-guru, pengalokasian pengeluaran biaya pemeliharaan dan pengujian sistem, penerapan reward dan punishment, pembuatan dan penggunaan kerangka kerja dan tata kelola E-Learning dan semuanya dilakukan secara berkala minimal setiap 6 bulan sekali.

References

Brand, K. & Boonen, H. 2007. IT Governance based on COBIT 4.1 - A Management Guide. IT Governance Institute.

Information Technology Governance Institute (ITGI). 2007. COBIT 4.1-Process Maturity Assessment Tools, Governance Institute.

IT Governance Institute. 2007. Information Technology Governance Institute (ITGI). 2007. Control Objective for Information and Related Technology (COBIT) Version 4.1. Melalui http://www.itgi.org, diakses tanggal 3 Agustus 2013.

IT Governance Institute. 2007. COBIT 4.1: Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models. IT Governance Institute.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 109/2013. 2013. Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi. Melalui http://hukor.Kemdikbud.go.id/asbodoku/media/peruu/permen_tahun2013_nomor109.pdf, diakses tanggal 4 Maret 2014.

Ruseffendi, E. T., 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sarno, R. 2009A. Strategi Sukses Bisnis Dengan Teknologi Informasi. Bandung: Itspress.

Sarno, R. 2009B. Audit Sistem & Teknologi Informasi. Bandung: Itspress.

Suteja, B. R. & Harjoko, A. 2008. User Interface Design for e-Learning System. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008). Melalui http://journal.uii.ac.id/Indeks.php/Snati/article/viewFile/859/786, diakses tanggal 22 September 2013.

Downloads

Published

2015-11-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengukuran Kinerja Pembelajaran E-Learning di SMAN 3 Cimahi Menggunakan COBIT 4.1 pada Domain DS dan ME”, Komputika, vol. 3, no. 1, Nov. 2015, Accessed: Apr. 19, 2025. [Online]. Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputika/article/view/95