Sistem Monitoring Menggunakan Mini PC Raspberry Pi

Tauriq Djasa Permana

Abstract


Keperluan sistem monitoring saat ini semakin mempermudah pengguna dalam melakukan monitoring tempat, seperti rumah. Kebutuhan akan sistem monitoring, umumnya akan membutuhkan perangkat keras seperti komputer desktop (PC) dan kamera sebagai perangkat penunjang. Namun biaya untuk perangkat keras dan pengeluaran biaya listrik untuk penggunaan PC desktop pada sistem monitoring membutuhkan biaya yang cukup mahal. Penggunaan dari Mini PC Raspberry Pi sebagai pengganti PC desktop, adalah untuk mendapatkan biaya pembangunan sistem serta penggunaan biaya listrik yang lebih murah. Raspberry Pi yang digunakan memiliki ukuran perangkat yang kecil, serta processor ARM 700MHz, kapasitas RAM sebesar 512MB, dan kamera eksternal 5MP dari jenis PiNoir. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa kinerja Raspberry Pi didapatkan penggunaan CPU mencapai 100% dari kapasitas dan penggunaan RAM mencapai 32% dari kapasitas yang tersedia. Walaupun dengan beban pemrosesan yang tinggi, Raspberry Pi tetap mampu menggantikan PC desktop dalam melakukan fungsi monitoring, sehingga tujuan pembangunan sistem serta penggunaan biaya listrik yang murah dapat tercapai.

Full Text:

PDF

References


Forouzan, Behrouz A., 2007, Data Communication and Networking (Vol 4). New York: Mc Graw-Hill.

Komputer, Wahana., 2003, Konsep Jaringan Komputer dan Pengembangannya (edisi 1). Jakarta: Salemba Infotek.

Iwansson, K;Sinapsius G and Hoornaert, W., 1999, Measuring Current, Voltage and Power Elsever.

Winarno, Sugeng., 2010, Jaringan Komputer dengan TCP/IP. Bandung: Modula.

Hariono, Ir. H. Ali., 2009, Jaringan Wan. Diakses pada tanggal 20 Mei 2014, dari world wide web: .

Monk, Simon., Adafruits Raspberry Pi Lesson 6. Using SSH, Adafruit Learning System, (Online), diakses pada tanggal 12 April 2014 dari world wide web: (http://learn.adafruit.com/downloads/pdf/adafruits-raspberry-pi-lesson-6-using-ssh.pdf).

Monk, Simon., Adafruits Raspberry Pi Lesson 3. Network setup, Adafruit Learning System, (Online), diakses pada tanggal 20 April 2014 dari world wide web: (https://learn.adafruit.com/downloads/pdf/adafruits-raspberry-pi-lesson-3-networksetup.pdf).

Data Sheet. PiNoir Infared Camera Module, diakses pada tanggal 15 Mei 2014, dari world wide web: (http://uk.rsonline.com/web/p/video-modules/7902811/).

Scafik, Software., 2013, Raspberry Pi As Low-cost HD Surveillance Camera, diakses pada tanggal 16 Mei 2014, dari world wide web:(http://www.instructables.com/id/Raspberry-Pi-as-low-cost-HD-surveillance-camera/).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.