Abstract

Layanan sosial media merupakan penyedia sumber daya yang menyediakan data yang cukup besar. Data yang cukup besar ini kemudian dapat dimanfaatkan dengan berbagai kebutuhan. Kebutuhan yang digunakan untuk berbagai tujuan. Tujuan tersebut dapat berupa pengolahan data untuk memonitoring pengguna. Dengan berkembangnya sosial media, akan tersimpan banyak data yang akan terus menerus bertambah. Setiap pertambahan pengguna, bertambah pula lokasi data yang tersimpan. Apabila pengguna menikmati layanan dari social media tersebut, ditambah jika layanan tersebut menambah benefit, maka semakin besar pula data yang akan tersimpan pada server sosial media tersebut. Data yang berukuran raksasa ini dapat diproses dan dimanfaatkan. Paper ini akan menjelaskan tentang pemanfaatkan data yang tersimpan di microblogging twitter untuk mendeteksi emosi melalui hastag. Dengan memanfaatkan hastag, akan dibuat dataset tersendiri. Menggunakan algoritma Naïve Bayes dan Liblinear.