DIGITAL PEDAGOGY PADA MASA DAN PASCA PANDEMIK COVID 19 DI PERGURUAN TINGGI: STUDI KASUS UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.34010/miu.v20i2.9493Abstract
Pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan massif dan substansial di berbagai sektor, Digital Pedagogy telah menjadi trend saat ini meskipun Pandemic hampir usai. Di satu sisi, budaya baru ini menstimulasi manajemen Pendidikan Tinggi (PT) untuk memfokuskan sumber dayanya pada adopsi digital pada berbagai pelayanan dan pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Di sisi lain dari perspektif mahasiswa, mahasiswa dituntut untuk beradaptasi dengan transformasi digital ini dan menguasai literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi mahasiswa pada transformasi digital, pembelajaran dan metode penilaian di PT. Studi kasus dilakukan di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Bandung, Jawa Barat, yaitu Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Metode kuantitatif dengan pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan pengambilan data melalui kuesioner online dan pengamatan pada media sosial mahasiswa. Sampelnya adalah 100 mahasiswa yang belajar secara online selama 1 semester periode semester genap 2022. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 89% siswa tertarik pada kelas tatap muka dan 60% dari mahasiswa memiliki preferensi untuk penilaian tatap muka. Mahasiswa juga mengungkapkan pandangan negatif mereka di media sosial tentang pengajaran online dan penilaian. Mereka mencurahkan rasa frustrasi mereka terhadap administrasi universitas untuk melakukan penilaian online di tengah situasi belajar yang tidak kondusif dan rentan dengan kejenuhan di masa pandemic. Akan tetapi, mahasiswa semakin dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan online. Pemahaman mengenai perspektif mahasiswa pada digital pedagogy dapat membantu mengevaluasi dan menemukan pengamatan baru untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan meskipun di kelas online.
Kata kunci: Digital pedagogy, perspektif mahasiswa, tansformasi digital, perguruan tinggi

Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in MAJALAH ILIMIAH UNIKOM agree to the following terms:
- Authors retain the copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).