Abstract

Wilayah Ciayumajakuning merupakan kekuatan ekonomi yang baru dan besar di Jawa Barat sesudah kawasan Bandung Raya. Untuk mengoptimalkan pembangunan di sana, setiap kabupaten dan kota seharusnya menggabungkan bermacam ragam potensi daerah, salah satunya adalah potensi wisata. Tourist Place of Interest (TPI) di Wilayah Ciayumajakuning memiliki daya tarik yang unik, menarik dan layak untuk dikunjungi bagi para wisatawan domestic maupun non domestik. Namun sayangnya promosi TPI di Wilayah Ciayumajakuning yang dilakukan kurang menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke wilayah tersebut. Berdasarkan masalah yang didapatkan maka dibutuhkan aplikasi promosi TPI agar mempermudah para wisatawan memperoleh informasi berupa gambaran dari TPI yang ingin dikunjungi. Kelebihan dari aplikasi ini adalah wisatawan dapat melihat secara real TPI yang ingin dikunjungi, karena gambaran dari TPI akan tampil di layar smartphone Android dengan animasi tiga dimensi serta efek yang menarik yang akan membuat para wisatawan bisa merasakan seakan-akan mereka berada di TPI Wilayah Ciayumajakuning dan merasakan seolah-olah berada di lokasi tersebut. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah agar dapat menarik minat wisatawan sebanyak-banyaknya untuk berkunjung ke wilayah Ciayumajakuning sehingga jumlahnya meningkat dan diharapkan dapat
meningkatkan pelayanan dibidang pariwisata. Aplikasi ini menggunakan teknologi augmented reality marker based sehingga gambaran objek wisata berupa animasi tiga dimensi atau dua dimensi tampil dilayar smartphone Android dengan alat bantu marker berupa salah satu gambar dari TPI di Wilayah Ciayumajakuning. Dari hasil yang didapatkan aplikasi TPI dapat berjalan dengan baik dengan menggunakan marker, animasi tiga dimensi atau dua dimensi dapat berjalan di layar smartphone Android, serta dari hasil kuesioner yaitu sebesar 79.3% responden menyatakan setuju bahwa aplikasi promosi TPI ini dapat menarik minat para wisatawan dengan gambaran dan informasi yang disajikan aplikasi.