PENGARUH LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JG MOTOR YAMAHA CAB.ASIA AFRIKA BANDUNG

  • Muhammad Iffan Universitas Komputer Indonesia
  • Lia Yulianti Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Lokasi adalah tempat dimana perusahaan harus bermarkas melakukan operasi. Sedangkan keputusan pembelian adalah proses penyelesaian masalah yang terdiri menganalisa atau pengenalan kebutuhan dan keinginan, pencarian informasi, penilaian sumber-sumber seleksi terhadap alternative pembelian, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui : (1) tanggapan responden tentang lokasi JG Motor cab. Asia Afrika, (2) tingkat keputusan pembelian konsumen pada JG Motor Cab. Asia Afrika, (3) pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian pada JG Motor Cab. Asia Afrika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey method dan explanatory research. Sifat penelitian deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 responden, diambil dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Pengolahan data menggunakan program Excel dan SPSS 15 For Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 43,7%, sedangkan 56,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam uji hipotesis diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t table, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artina lokasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Lokasi dan Keputusan Pembelian

Published
2017-12-06
How to Cite
Iffan, M., & Yulianti, L. (2017). PENGARUH LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JG MOTOR YAMAHA CAB.ASIA AFRIKA BANDUNG. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 7(1), 21-32. https://doi.org/10.34010/jurisma.v7i1.469
Section
Articles