Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL


JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN


(JURISMA)


 


PANDUAN UMUM


 


Berikut ini adalah pedoman penulisan artikel dalam Jurisma dan JIKA yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi penulis.



  1. Sistematika pembahasan dalam artikel setidaknya terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut:


ABSTRAK bagian ini memuat ringkasan riset, antara lain mengenai: masalah riset, tujuan, metode, temuan, dan kontribusi hasil riset. Abstrak disajikan di awal teks dan terdiri antara 150 s/d 200 kata (dalam bahasa Inggris dan atau bahasa Indonesia). Abstrak diikuti dengan tiga kata kunci (keywords) untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.


PENDAHULUAN menguraikan latar belakang penbelitian, rumusan masalah, maksud dan tujuan penelitian, kegunaan penelitian.


TINJAUAN PUSTAKA memaparkan kajian pustaka berdasarkan telaah literatur yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan kerangka pemikiran dan hipotesis atau proposisi riset dan model riset (jika dipandang perlu).


METODE PENELITIAN memuat objek penelitian menguraikan objek yang diteliti sesuai dengan judul riset dan metode penelitian yang berisi desain penelitian, operasionalisasi variabel, teknik pengumpulan data, unit analisis, teknik penarikan sampel, pengujian hipotesis.


HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN menguraikan hasil penelitian memuat hasil penelitian yang telah dilakukan dan pembahasan memuat analisis statistik (jika ada) dan analisis ekonomi.


KESIMPULAN DAN SARAN menguraikan kesimpulan penelitian dan saran berisi solusi dari kelemahan penelitian, temuan dan keterbatasan penelitian.


DAFTAR PUSTAKA memuat sumber-sumber yang dikutip di dalam penulisan artikel. Hanya sumber yang diacu yang dimuat di daftar referensi ini.


Lampiran memuat tabel, gambar, dan instrumen riset yang digunakan.



  1. Artikel diketik dengan jarak baris satu spasi pada kertas A4 (210 Mm x 297 Mm). Kutipan langsung yang panjang (lebih dari tiga baris) diketik dengan jarak baris satu dengan indented style (bentuk berinden).

  2. Panjang artikel tidak lebih atas 8.000 kata (dengan jenis huruf arial ukuran 12) atau maksimal 16 halaman (tidak termasuk Daftar Pustaka dan Lampiran).

  3. Margin atas, bawah, kiri dan kanan 1,5 cm.

  4. Halaman muka (cover) menyebutkan judul artikel, identitas penulis dan istitusi asal penulis.

  5. Semua halaman, termasuk tabel, lampiran, dan referensi harus diberi nomor urut halaman.

  6. Tabel/gambar sebaiknya dapat disajikan pada halaman terpisah dari badan tulisan (umumnya di bagian akhir naskah). Penulis cukup menyebutkan pada bagian di dalam teks, tempat pencantuman tabel atau gambar.

  7. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul yang sesuai dengan isi tabel atau gambar, dan sumber kutipan (bila relevan).

  8. Kutipan dalam teks sebaiknya ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun, koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.


Contoh:



  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis (Brownell 1981). Jika disertai nomor halaman: (Brownell 1981).

  2. Satu sumber kutipan dengan dua penulis (Frucot dan Shearon 1991).

  3. Satu sumber kutipan dengan lebih dari dua penulis (Gul dkk.1995 atau Hotstede et al., 1990).

  4. Dua sumber kutipan dengan penulis yang berbeda (Dunk 1990; Mia 1988).

  5. Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama (Brownell 1981, Jika tahun publikasi sama (Brownell 1982a, 1982b).

  6. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya, (IAI, 1994).



  1. Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) dengan ketentuan penulisan sebagai berikut:

    1. Daftar pustaka disusun secara alfabetis sesuai dengan nama penulis atau nama institusi.

    2. Susunan setiap referensi: nama penulis, tahun publikasi, judul jurnal atau buku teks, nama jurnal atau penerbit, nomor halaman.

    3. Contoh:




American Accounting Association, Committee on Concepts and Standards for External Financial Riports.1997. Statement on Accounting Theory and Theory Acceptance.Sarasota, FL: AAA.


Demski, J.S., dan D.E.M. Sappington. 1989.Hierarchical Structure and Responsibility Accounting, Journal of Accounting Research 27 (Spring): 40-58.


Dye, R.; B. Balachandran; dan R. Magee. 1989. Contigent Fees for Audit Firm.Working paper, Nortwestern University, Evansto, II.


Indriantoro, N. 1993.The Effect of Participative Budgeting on Job Performance and Job Satisfaction with Locus of Control and Cultural Dimensions as Moderating Variables.Ph.D. dissertation. University of Kentucky, Lexington.


Naim, A. 1997. Analysis of The Use of Accounting Product Costs in Oligopolistic Pricing Decisions. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 12 (Oktober) 43-50.


Porcano, T.M. 1984a. Distrutive Justice and Tax Policy.The Accounting Review,59 (October): 619-636.


____________,1984b. The Perceived Effects of Tax Policy on Corporate Investment Intentions.The Journal of the American Taxation Association 6(Fall): 7-19.


Pyndyk, R.S. dan D.L. Rubinfield. 1987. Econometric Models & Economic Forecasts, 3rd Ed., NY: McGrow-Hill Publishing, Inc.


 


 



  1. Artikel dikirimkan melalui:



  • Jurnal Riset Bisnis & Manajemen (JURISMA)


https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurisma


            email: jurisma@email.unikom.ac.id


 



  • Jurnal Ilmu Keuangan & Perbankan (JIKA)


https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jika


email: jika@email.unikom.ac.id


 


 


 


 


PANDUAN PENULISAN TABEL DAN GAMBAR


 



  • Judul Tabel (Times New Roman 12). Isi tabel ditulis dengan font Times New Roman 12. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan huruf besar pada setiap kata, kecuali kata sambung dan kata depan, serta ditulis di tengah (center). Tabel ditulis secara berkelanjutan, misalnya Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, dst. Tabel harus diikuti dengan sumber tabel, jika dikutip dari sumber lain.


 


            Contoh 1: Penyajian Tabel


 


Tabel 1. Pemakaian Koleksi Berdasarkan Bahasa (Arial 12)















































No.



Bahasa Bacaan



Frekuensi



Persentase



1



Indonesia



38



92,68



2



Inggris



3



7,32



3



Mandarin



0



0



4



Arab



0



0



5



Lainnya



0



0



Jumlah



41



100



 



  • Judul Gambar (termasuk diagram, grafik, bagan, sketsa, prototipe, database) (Times New Roman 12). Judul tersebut ditulis di bawah objek dengan huruf besar pada huruf pertama kata pertama, sementara kata berikutnya ditulis dengan huruf kecil semua, serta ditulis ditengah (center). Objek ditulis secara berkelanjutan, misalnya Gambar 1, Gambar 2, Gambar 3, dst. Objek harus diikuti dengan sumber objek, jika dikutip dari sumber lain.


 


Contoh 2: Penyajian Gambar


 


 


Gambar 1. Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna)


(Arial 12)


 Keterangan:


Apabila teks naskah berisi banyak gambar dan objek tersebut menjadi data primer tulisan, penulis harus mengirim file gambar aslinya dalam format JPEG atau PNG.


 


 


TEMPLATE PENULISAN ARTIKEL


 


KETIK JUDUL ARTIKEL ANDA


 


Penulis Pertama1*


Penulis Kedua2


Penulis Ketiga3


dst.


(Bold untuk nama, tanpa gelar atau titel lainnya, 12pt, Arial, rata tengah, 1spasi, line spacing option: after and before 0)


 


email penulis pertama1, email penulis kedua2, dst


* Alamat Email (ditulis setelah 1x enter dari nama penulis) (Bold,12pt, Arial, Italic, ditulis rata tengah, tanpa menggunakan huruf kapital)


 


 


* Nama Perguruan Tinggi Penulis Pertama1, Nama Perguruan Tinggi Penulis Kedua2*, dst


(*Jika tidak sama dengan penulis pertama)


 









(Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn)


 



 


 


 


 


ABSTRACT


Ketik abstrak bahasa inggris di sini. Isi abstract atau abstrak menggunakan fonta Arial 12 Italic. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa inggris maksimal 150 kata.


 


Keywords: Keywords satu, Keywords dua, Keywords tiga, dst. (bahasa Inggris, minimal 3 keywords)


 


ABSTRAK


Ketik abstrak bahasa Indonesia di sini. Isi abstract atau abstrak menggunakan fonta Arial 12. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa indonesia maksimal 200 kata.


 


Kata Kunci: Kata Kunci satu, Kata Kunci dua, Kata Kunci tiga, dst (Bahasa Indonesia, minimal 3 Kata Kunci)


PENDAHULUAN


Isi pendahuluan adalah hal mendasar atau pokok permasalahan yang melatarbelakangi ditulisnya kajian, ditulis dengan font Arial 12.


 


 


TINJAUAN PUSTAKA


Isi tinjauan pustaka adalah uraian/landasan teori teori ilmiah yang berkaitan dengan topik/pokok bahasan kajian, ditulis font Arial 12. Seluruh sumber teori yang dikutip dalam bab ini harus ada di dalam daftar rujukan/pustaka.


 


 


METODE PENELITIAN


Isi metode kajian adalah teknik pengumpulan data, sumber data, cara analisis data, uji korelasi, dan sebagainya, ditulis dengan font Arial 12. Dalam bab ini dapat juga dicantumkan rumus ilmiah yang digunakan dalam analisis data.


 


 


HASIL DAN PEMBAHASAN


Isi Hasil dan Pembahasan


Isi hasil dan pembahasan ditulis dengan font Arial 12. Hasil bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan. Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan konsep/teori yang ada dalam tinjauan pustaka. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya.


 


 


KESIMPULAN


Isi kesimpulan ditulis font Arial 12. Kesimpulan merupakan ikhtisar dari penelitian yang telah dilakukan.


 


 


SARAN (jika ada)


Saran bersifat optional (jika ada), ditulis satu paragraf dengan font Arial 12.


 


 


DAFTAR PUSTAKA


Isi daftar pustaka ditulis dengan font Arial 12. Daftar pustaka merupakan sumber acuan/rujukan yang dijadikan bahan kutipan penulisan naskah. Penulisan daftar pustaka menggunakan aturan American Psychological Association (APA). Jumlah sumber rujukan yang dijadikan daftar pustaka naskah minimal 10 judul literatur ilmiah.


 


 


 


 


 


PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL


JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN


(JURISMA)


 


PANDUAN UMUM


 


Berikut ini adalah pedoman penulisan artikel dalam Jurisma dan JIKA yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi penulis.



  1. Sistematika pembahasan dalam artikel setidaknya terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut:


ABSTRAK bagian ini memuat ringkasan riset, antara lain mengenai: masalah riset, tujuan, metode, temuan, dan kontribusi hasil riset. Abstrak disajikan di awal teks dan terdiri antara 150 s/d 200 kata (dalam bahasa Inggris dan atau bahasa Indonesia). Abstrak diikuti dengan tiga kata kunci (keywords) untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.


PENDAHULUAN menguraikan latar belakang penbelitian, rumusan masalah, maksud dan tujuan penelitian, kegunaan penelitian.


TINJAUAN PUSTAKA memaparkan kajian pustaka berdasarkan telaah literatur yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan kerangka pemikiran dan hipotesis atau proposisi riset dan model riset (jika dipandang perlu).


METODE PENELITIAN memuat objek penelitian menguraikan objek yang diteliti sesuai dengan judul riset dan metode penelitian yang berisi desain penelitian, operasionalisasi variabel, teknik pengumpulan data, unit analisis, teknik penarikan sampel, pengujian hipotesis.


HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN menguraikan hasil penelitian memuat hasil penelitian yang telah dilakukan dan pembahasan memuat analisis statistik (jika ada) dan analisis ekonomi.


KESIMPULAN DAN SARAN menguraikan kesimpulan penelitian dan saran berisi solusi dari kelemahan penelitian, temuan dan keterbatasan penelitian.


DAFTAR PUSTAKA memuat sumber-sumber yang dikutip di dalam penulisan artikel. Hanya sumber yang diacu yang dimuat di daftar referensi ini.


Lampiran memuat tabel, gambar, dan instrumen riset yang digunakan.



  1. Artikel diketik dengan jarak baris satu spasi pada kertas A4 (210 Mm x 297 Mm). Kutipan langsung yang panjang (lebih dari tiga baris) diketik dengan jarak baris satu dengan indented style (bentuk berinden).

  2. Panjang artikel tidak lebih atas 8.000 kata (dengan jenis huruf arial ukuran 12) atau maksimal 16 halaman (tidak termasuk Daftar Pustaka dan Lampiran).

  3. Margin atas, bawah, kiri dan kanan 1,5 cm.

  4. Halaman muka (cover) menyebutkan judul artikel, identitas penulis dan istitusi asal penulis.

  5. Semua halaman, termasuk tabel, lampiran, dan referensi harus diberi nomor urut halaman.

  6. Tabel/gambar sebaiknya dapat disajikan pada halaman terpisah dari badan tulisan (umumnya di bagian akhir naskah). Penulis cukup menyebutkan pada bagian di dalam teks, tempat pencantuman tabel atau gambar.

  7. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul yang sesuai dengan isi tabel atau gambar, dan sumber kutipan (bila relevan).

  8. Kutipan dalam teks sebaiknya ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun, koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.


Contoh:



  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis (Brownell 1981). Jika disertai nomor halaman: (Brownell 1981).

  2. Satu sumber kutipan dengan dua penulis (Frucot dan Shearon 1991).

  3. Satu sumber kutipan dengan lebih dari dua penulis (Gul dkk.1995 atau Hotstede et al., 1990).

  4. Dua sumber kutipan dengan penulis yang berbeda (Dunk 1990; Mia 1988).

  5. Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama (Brownell 1981, Jika tahun publikasi sama (Brownell 1982a, 1982b).

  6. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya, (IAI, 1994).



  1. Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) dengan ketentuan penulisan sebagai berikut:

    1. Daftar pustaka disusun secara alfabetis sesuai dengan nama penulis atau nama institusi.

    2. Susunan setiap referensi: nama penulis, tahun publikasi, judul jurnal atau buku teks, nama jurnal atau penerbit, nomor halaman.

    3. Contoh:




American Accounting Association, Committee on Concepts and Standards for External Financial Riports.1997. Statement on Accounting Theory and Theory Acceptance.Sarasota, FL: AAA.


Demski, J.S., dan D.E.M. Sappington. 1989.Hierarchical Structure and Responsibility Accounting, Journal of Accounting Research 27 (Spring): 40-58.


Dye, R.; B. Balachandran; dan R. Magee. 1989. Contigent Fees for Audit Firm.Working paper, Nortwestern University, Evansto, II.


Indriantoro, N. 1993.The Effect of Participative Budgeting on Job Performance and Job Satisfaction with Locus of Control and Cultural Dimensions as Moderating Variables.Ph.D. dissertation. University of Kentucky, Lexington.


Naim, A. 1997. Analysis of The Use of Accounting Product Costs in Oligopolistic Pricing Decisions. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 12 (Oktober) 43-50.


Porcano, T.M. 1984a. Distrutive Justice and Tax Policy.The Accounting Review,59 (October): 619-636.


____________,1984b. The Perceived Effects of Tax Policy on Corporate Investment Intentions.The Journal of the American Taxation Association 6(Fall): 7-19.


Pyndyk, R.S. dan D.L. Rubinfield. 1987. Econometric Models & Economic Forecasts, 3rd Ed., NY: McGrow-Hill Publishing, Inc.


 


 



  1. Artikel dikirimkan melalui:



  • Jurnal Riset Bisnis & Manajemen (JURISMA)


https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurisma


            email: jurisma@email.unikom.ac.id


 



  • Jurnal Ilmu Keuangan & Perbankan (JIKA)


https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jika


email: jika@email.unikom.ac.id


 


 


 


 


PANDUAN PENULISAN TABEL DAN GAMBAR


 



  • Judul Tabel (Times New Roman 12). Isi tabel ditulis dengan font Times New Roman 12. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan huruf besar pada setiap kata, kecuali kata sambung dan kata depan, serta ditulis di tengah (center). Tabel ditulis secara berkelanjutan, misalnya Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, dst. Tabel harus diikuti dengan sumber tabel, jika dikutip dari sumber lain.


 


            Contoh 1: Penyajian Tabel


 


Tabel 1. Pemakaian Koleksi Berdasarkan Bahasa (Arial 12)















































No.



Bahasa Bacaan



Frekuensi



Persentase



1



Indonesia



38



92,68



2



Inggris



3



7,32



3



Mandarin



0



0



4



Arab



0



0



5



Lainnya



0



0



Jumlah



41



100



 



  • Judul Gambar (termasuk diagram, grafik, bagan, sketsa, prototipe, database) (Times New Roman 12). Judul tersebut ditulis di bawah objek dengan huruf besar pada huruf pertama kata pertama, sementara kata berikutnya ditulis dengan huruf kecil semua, serta ditulis ditengah (center). Objek ditulis secara berkelanjutan, misalnya Gambar 1, Gambar 2, Gambar 3, dst. Objek harus diikuti dengan sumber objek, jika dikutip dari sumber lain.


 


Contoh 2: Penyajian Gambar


 


 


Gambar 1. Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna)


(Arial 12)


 Keterangan:


Apabila teks naskah berisi banyak gambar dan objek tersebut menjadi data primer tulisan, penulis harus mengirim file gambar aslinya dalam format JPEG atau PNG.


 


 


TEMPLATE PENULISAN ARTIKEL


 


KETIK JUDUL ARTIKEL ANDA


 


Penulis Pertama1*


Penulis Kedua2


Penulis Ketiga3


dst.


(Bold untuk nama, tanpa gelar atau titel lainnya, 12pt, Arial, rata tengah, 1spasi, line spacing option: after and before 0)


 


email penulis pertama1, email penulis kedua2, dst


* Alamat Email (ditulis setelah 1x enter dari nama penulis) (Bold,12pt, Arial, Italic, ditulis rata tengah, tanpa menggunakan huruf kapital)


 


 


* Nama Perguruan Tinggi Penulis Pertama1, Nama Perguruan Tinggi Penulis Kedua2*, dst


(*Jika tidak sama dengan penulis pertama)


 









(Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn)


 



 


 


 


 


ABSTRACT


Ketik abstrak bahasa inggris di sini. Isi abstract atau abstrak menggunakan fonta Arial 12 Italic. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa inggris maksimal 150 kata.


 


Keywords: Keywords satu, Keywords dua, Keywords tiga, dst. (bahasa Inggris, minimal 3 keywords)


 


ABSTRAK


Ketik abstrak bahasa Indonesia di sini. Isi abstract atau abstrak menggunakan fonta Arial 12. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak bahasa indonesia maksimal 200 kata.


 


Kata Kunci: Kata Kunci satu, Kata Kunci dua, Kata Kunci tiga, dst (Bahasa Indonesia, minimal 3 Kata Kunci)


PENDAHULUAN


Isi pendahuluan adalah hal mendasar atau pokok permasalahan yang melatarbelakangi ditulisnya kajian, ditulis dengan font Arial 12.


 


 


TINJAUAN PUSTAKA


Isi tinjauan pustaka adalah uraian/landasan teori teori ilmiah yang berkaitan dengan topik/pokok bahasan kajian, ditulis font Arial 12. Seluruh sumber teori yang dikutip dalam bab ini harus ada di dalam daftar rujukan/pustaka.


 


 


METODE PENELITIAN


Isi metode kajian adalah teknik pengumpulan data, sumber data, cara analisis data, uji korelasi, dan sebagainya, ditulis dengan font Arial 12. Dalam bab ini dapat juga dicantumkan rumus ilmiah yang digunakan dalam analisis data.


 


 


HASIL DAN PEMBAHASAN


Isi Hasil dan Pembahasan


Isi hasil dan pembahasan ditulis dengan font Arial 12. Hasil bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan. Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan konsep/teori yang ada dalam tinjauan pustaka. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya.


 


 


KESIMPULAN


Isi kesimpulan ditulis font Arial 12. Kesimpulan merupakan ikhtisar dari penelitian yang telah dilakukan.


 


 


SARAN (jika ada)


Saran bersifat optional (jika ada), ditulis satu paragraf dengan font Arial 12.


 


 


DAFTAR PUSTAKA


Isi daftar pustaka ditulis dengan font Arial 12. Daftar pustaka merupakan sumber acuan/rujukan yang dijadikan bahan kutipan penulisan naskah. Penulisan daftar pustaka menggunakan aturan American Psychological Association (APA). Jumlah sumber rujukan yang dijadikan daftar pustaka naskah minimal 10 judul literatur ilmiah.


 


 


 


 


 


PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL


JURISMA: JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN