IDENTIFIKASI PRODUK UNGGULAN DAN ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN SEKTOR PERTANIAN TANAMAN PANGAN DI KABUPATEN BEKASI

Efi Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi produk unggulan sektor pertanian tanaman pangan di kabupaten Bekasi dan menentukan strategi pengembangan produk unggulan pertanian tanaman pangan di Kabupaten Bekasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Scoring (penskalaan) dan analisis SWOT sehingga pada masing-masing kecamatan akan diperoleh hasil komoditas unggulan, andalan atau potensial pada setiap produk sektor pertanian tanaman pangan di kabupaten Bekasi.

Berdasarkan metode scoring maka produk unggulan kabupaten bekasi adalah padi yang terdapat di 13 kecamatan, produk andalannya adalah padi juga yang terdapat di 10 kecamatan, sedangkan tanaman palawija sebagai produk andalan.

Untuk meningkatkan pengembangan produk unggulan, sektor pertanian tanaman pangan, yang harus dilakukan adalah menentukan strategi pengembangan produk unggulan dengan meningkatkan 8 faktor yang berpengaruh terhadap peniingkatan suatu produk dari andalan, potensial sampai kepada produk unggulan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Efi Fitriani