PENGARUH PENAGIHAN TUNGGAKAN PAJAK DENGAN SURAT PAKSA TERHADAP PELUNASAN TUNGGAKAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SOREANG. The Influence of Delinquent Tax Collection with Distress Warrant to The Payment of Delinquent Tax on Small Tax Office (KPP) Soreang

Iva Yustisia Supyan, Dadang Rohandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penagihan tunggakan pajak dengan surat paksa, mengetahui perkembangan pelunasan tunggakan pajak, serta untuk mengetahui pengaruh penagihan tunggakan pajak dengan surat paksa terhadap pelunasan tunggakan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui pengaruh penagihan tunggakan pajak dengan surat paksa terhadap pelunasan pajak digunakan pengujian statistic. Pengujian statistic yang digunakan adalah penggunaan regresi linier, koefisien korelasi pearson , koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan aplikasi SPSS 13.0 for windows untuk memperkuat perhitungan secara manual.

Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh r= -0,223, yang berarti hubungan yang ditimbulkan oleh Penagihan tunggakan pajak dengan surat paksa terhadap pelunasan tunggakan pajak korelasinya rendah pada kpp Pratama Soreang. Nilai korelasinya menunjukkan angka negatif yang artinya bahwa hubungan penagihan tunggakan pajak dengan surat paksa terhadap pelunasan tunggakan pajak bersifat berlawanan yang berarti ika penagihan tunggakan pajak dengan surat paksa mengalami peningkatan maka pelunasan tunggkan tunggkan pajak akan menurun pada KPP Pratama Soreang, artinya hipotesis penulis yang mengungkapkan penagihan tunggakan pajak dengan suratpaksa berpengaruh terhadap terhadap pelunasan tungkan pajak tidak terbukti. Hasil uji t menunjukkan nilai -0,724 < 2,228 atau thitung <ttabel . Nilai tersebut mengandung arti bahwa Ho diterima atau penagihan tunggakan pajak dengan surat paksa tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pelunasan tunggakan pajak . Pengaruh penagihan tunggakan pajak dengan surat paksa terhadap pelunasan tunggkan pajak sebesar 5%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 95% dipengaruhi oleh faktor lain selain penagihan tunggakan pajak dengan surat paksa seperti yaitu penanggung pajak sedang melakukan banding , sedang mengajukan kebeatan, dana tau mengajukan permohonan angsuran dalam melakukan pelunasan tunggakan pajak.

Kata Kunci: Penagihan Tunggakan Pajak dengan Surat Paksa , Pelunasan Tunggakan Pajak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Iva Yustisia Supyan, Dadang Rohandi