PENGARUH IKLAN MELALUI MEDIA TELEVISI TERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK MOTOR YAMAHA X-RIDE MOTOR CIMAHI Advertisements Through Television Media Influence on Consumer Attitudes Motor Products Buying Yamaha X-RIDE Motorcycle In Perdana Cimahi

Fahd Yudhanegoro, Tristanti Handayani

Abstract


Penggunaan iklan yang baik akan berdampak kuat dalam menarik sikap konsumen untuk membeli suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui bagaimana tanggapan reponden terhadap pelaksananan penayangan iklan Motor Yamaha X-RIDE di media televisi, bagaimana sikap responden dalam membeli motor yamaha X-RIDE, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh penayangan iklan Yamaha X-RIDE di televisi terhadap sikap responden dalam membeli produk Motor Yamaha X-RIDE MOTOR CIMAHI.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel Independent dalam penelitian ini adalah Iklan melalui media televisi, dengan indikator yang digunakan adalah isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan. Sedangkan variabel dependent dalam penelitian ini adalah sikap konsumen dalam membeli produk Motor Yamaha X-RIDE , dengan indikator yang digunakan adalah Kognitif yang terdiri dari kesadaran dan pengetahuan tentang motor Yamaha X-RIDE , afektif yang terdiri dari ketertarikan dan kesukaan terhadap keberadaan produk motor Yamaha X-RIDE , kesediaan mencoba produk motor Yamaha X-RIDE , serta konatif yaitu kesediaan untuk memakai produk motor Yamaha X-RIDE dan keterpercayaan memakai produk motor Yamaha X-RIDE . Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di  PERDANA MOTOR CIMAHI berjumlah 108 konsumen. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 52. Analisis yang digunakan analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t.

Hasil analisis data dengan menggunakan SPSS 13 For Windows, menunjukkan bahwa Iklan melalui media televisi memberikan pengaruh yang cukup kuat sebesar 38,1% terhadap sikap konsumen dan sisanya sebesar 61,9% adalah pengaruh dari faktor-faktor lain yang diabaikan penulis dalam penelitian.

 

Kata kunci :       Iklan Melalui Media Televisi, Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan, Sikap Konsumen, Kesadaran, Pengetahuan, Ketertarikan, Kesukaan, Keterpercayaan, Kesediaan.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Fahd Yudhanegoro, Tristanti Handayani