MANAJEMEN KAS PENGARUHNYA TERHADAP LIKUIDITAS PADA PD. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR KS) CIMAHI, JAWA BARAT

Iva Yustisia Supyan, Linna Ismawati

Abstract


Manajemen Kas sangat penting diterapkan bagi semua perusahaan, karena tujuan manajemen kas adalah untuk memaksimumkan pemanfaatan kas tanpa menghambat likuiditas. Oleh karena itu perusahaan seharusnya mampu mempertahankan jumlah kas yang optimal bagi perusahaan, agar tidak terlalu banyak, sehingga keuntungan tidak berkurang, tetapi tidak juga sedikit agar tidak mengganggu likuiditas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kas terhadap likuiditas pada PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR KS) Cimahi, Jawa Barat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan unit analisis manajemen kas yang bersumber dari kas di perusahaan dan likuiditas yang tertera dalam laporan neraca keuangan. Sedangkan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik yaitu analisis regresi, analisis korelasi product moment, koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan taraf signifikan () yang digunakan adalah 0,05. Dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 12 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan manajemen kas menunjukkan kondisi yang kurang baik, dikarenakan jumlah kas yang ada di perusahaan sering kekurangan dan berlebih. Likuiditas mengalami kenaikan dan penurunan, namun semua itu masih dalam kondisi yang baik, hal itu dikarenakan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek berubah-ubah. Manajemen kas berpengaruh terhadap likuiditas, dengan hasil korelasi menyatakan bahwa besarnya r adalah -0,4961 yang menandakan hubungan negative,  yang artinya jika manajemen kas menurut Ghutman naik maka likuiditas akan turun, demikian sebaliknya, sedangkan hubungan yang ditimbulkan oleh  manajemen kas model ghutman terhadap likuiditas adalah sedang. Sedangkan pengaruh yang ditimbulkan manjemen kas model ghutman terhadap likuiditas sebesar 24,6% sisanya 76,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti realisasi kredit, penarikan tabungan, deposito jatuh tempo dan kas di bank lain. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kas menurut ghutman terhadap likuiditas.

Kata Kunci : Manajemen Kas, Manajemen Kas Menurut Ghutman dan Likuiditas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Iva Yustisia Supyan, Linna Ismawati