FAKTOR PENENTU PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN KANTOR DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR

Novi Rukhviyanti

Abstract


Keberadaan sebuah instansi dalam bentuk apapun, baik dalam skala besar maupun kecil tidak terlepas dari unsur sumber daya manusia. Sumber daya manusia dengan produktivitas kerja yang tinggi memungkinkan untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi / instansi. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja, diantaranya adalah semangat dan disiplin kerja. Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor penentu produktivitas kerja karyawan pada Kantor Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air.

 Penelitian ini terdiri dari tiga (3) Variabel, metode penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif dan Verifikatif. Penelitian ini menggunakan jenis sensus, yaitu seluruh populasi yang berjumlah 62 orang dijadikan sampel. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data utama, dengan  analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi simultan dan parsial, dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t, dengan alat bantu data software SPSS 14.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien regresi Y = 3,348 + 0,231X1+0,443 X2, Koefisien Determinasinya (R2) = 0,853. Kesimpulan penelitian yaitu semangat dan disiplin kerja, baik secara simultan maupun parsial berpengaruh nyata terhadap produktivitas kerja karyawan di Kantor Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air.


Keywords


Semangat, disiplin dan produktivitas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Novi Rukhviyanti