IKLIM ORGANISASI DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA (SURVEY PADA TELEMARKETING PT. BANK UOB BUANA BANDUNG )

Lita Wulantika, Reza Purwa Koswara

Abstract


Iklim organisasi dalam sebuah perusahaan sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan. Konflik disfungsional yang terjadi pada di PT. Bank UOB Buana Cabang Jl.Jamika no.22 Bandung khususnya dibagian telemarketing memicu timbulnya kesenjangan antara pegawai dan adanya karakteristik pekerjaan yang mengharuskan pegawai untuk mencapai target tertentu sehingga menyebabkan kepuasan kerja pegawai rendah. Kondisi ini  mengakibatkan Turn Over pegawai di bagian telemarketing tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : iklim organisasi, karakteristik pekerjaan, kepuasan kerja pegawai di PT. Bank UOB Buana Cabang Jl.Jamika no.22, untuk mengetahui besarnya pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai, besarnya pengaruh karakteristik pekerjaan  terhadap kepuasan kerja pegawai,serta besarnya pengaruh iklim organisasi dan karakteristik pekerjaan terhadap kepuasan kerja pegawai.

Populasi penelitian meliputi seluruh karyawan telemarketing di PT. Bank UOB Buana Cabang Jl. Jamika No.22 Bandung yaitu sebanyak 105 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan metode stratified random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 55orang . Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara responden. Metode survey yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Data disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis dengan metode multiple regression analysis dengan menggunakan software program SPSS 10.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklim organisasi dan karakteristik pekerjaan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Iklim organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Karakteristik pekerjaan memberikan pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja yang berarti bahwa peningkatan dari karakteristik pekerjaan akan mengakibatkan peningkatan kepuasan kerja para pegawai. iklim organisasi memberikan pengaruh terhadap tingginya tingkat kepuasan kerja. Diantara kedua variabel independen, karakteristik pekerjaan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan kerja pegawai dibanding iklim organisasi.

Keywords


Iklim Organisasi, Karakteristik Pekerjaan, Kepuasan Kerja.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Lita Wulantika, Reza Purwa Koswara