PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEMEN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2002-2010

Lina ismawati

Abstract


 

Struktur modal dan kebijakan dividen merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai suatu perusahaan. Dengan memperhatikan kedua aspek tersebut, kita dapat mengetahui pencapaian nilai perusahaan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan struktur modal, kebijakan dividen serta nilai perusahaan dan mengetahui pengaruh struktur modal, kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan secara parsial.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder berupa pooled data yang diperoleh dari laporan  Indonesian Capital Market Directory perusahaan semen yang  terdiri dari data tahun 2002 sampai dengan  2010 dan dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis korelasi pearson, koefisien determinasi dan uji hipotesis.

 Berdasarkan uji statistik yang dilakukan, menunjukkan struktur modal dan kebijakan dividen berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci : struktur modal, kebijakan dividen, dan nilai perusahaan.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Lina ismawati