PENGARUH SOCIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN, MELALUI BRAND AWARENESS

  • Artiar Anjani Handono Telkom University
  • Putu Nina Madiawati Telkom University

Abstrak

Tridaya adalah salah satu Lembaga jasa bimbingan belajar yang berada dikota Cirebon. Dalam 3 periode terakhir mengalami jumlah penurunan siswa dari setiap periodenya. Perkemangan social media yang sangat pesat saat ini dimanfaatkan tridaya sebagai media untuk mengkomunikasikan produknya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui besaran pengaruh social media melalui Instagram terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness sebagai variable intervening Metode analiais data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan penggunaan aplikasi pengolah data yaitu SmartPLS. Hasil penelitian deskriptif mengenai tanggapan responden pada variable social media , variable brand awareness dan variable keputusan pembelian berada pada kategori baik. Untuk pengujian hipotesis dengan melihat nilai t-statistic dari menunjukkan bahwa seluruh hipotesis yang diajukan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini social media melalui Instagram @tridaya.cirebon memiliki berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan variable brand awareness sebagai media Intervening.

Diterbitkan
2021-04-30
Bagian
Articles