Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan untuk menentukan strategi pen-ingkatan nilai ekspor Indonesia.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda dan analisis SWOT. Metode regresi linier berganda untuk menghitung besarnya pengaruh ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sedangkan analisis SWOT digunakan untuk menentukan strategi peningkatan nilai ekspor Indonesia.


Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi. Dan terdapat pengaruh yang negatif antara impor terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.


Untuk meningkatkan nilai ekspor Indonesia,  yang harus dilakukan adalah diversifikasi produk industri, peningkatan produksi pertanian, perkebunan, eksplorasi sumber daya emas, teknologi tepat guna, modernisasi manejemen, memberikan bantuan promosi dan keringanan pajak bagi eksportir, serta meningkatkan daya saing produk.


Kata Kunci : Ekspor, Impor, pertumbuhan ekonomi