Brand Awareness, Electronic Word-of-Mouth, and Viral Marketing's Effects on Purchase Decisions

  • Jalu Kinanding* Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
  • Hasa Nurrohim Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh viral marketing, electronic word of mouth, dan brand awareness terhadap purchase decision. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Kabupaten Sleman dengan 100 responden sebagai sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing, electronic word of Mouth, dan brand awareness secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan viral marketing, electronic word of Mouth, dan brand awareness secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memperluas teori dan mahasiswa karena menambah referensi mengenai pengaruh viral marketing, electronic word of Mouth, dan brand awareness terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee Kabupaten Sleman.

Kata Kunci: Pemasaran Viral; Informasi Electronik dari mulut ke mulut; Kesadaran Merek; Keputusan      Pembelian; Shopee

Published
2024-04-30
How to Cite
Kinanding*, J., & Nurrohim, H. (2024). Brand Awareness, Electronic Word-of-Mouth, and Viral Marketing’s Effects on Purchase Decisions. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 14(1), 13-22. https://doi.org/10.34010/jurisma.v14i1.12095
Section
Articles