Kreativitas Pembelajaran Berbasis Game Digital Akuntansi Dan Proses Bisnis Terhadap Peran Sistem Akuntansi Manajemen pada Dunia Pembelajaran

Penulis

  • Lesi Hertati Stie Rahmaniyah Muba Sumsel https://orcid.org/0000-0001-5402-0195
  • Lili Syafitri Fakultas Ekonomi Program studi Akuntansi, Universitas Indo Global Mandiri
  • Asmawati Asmawati Fakultas Ekonomi Program studi Akuntansi, Universitas Indo Global Mandiri
  • Otniel Safkaur Universitas Cendrawasih

DOI:

https://doi.org/10.34010/jra.v15i2.9670

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi Model Penerimaan Teknologi (TAM) dan menguji kemampuannya untuk memprediksi niat dosen program studi akuntansi dalam pembelajaran akuntansi untuk memberikan pembelajaran digital berbasis data, game, angka. Metode ini mengadopsi data kuantitatif dengan mensurvey populasi dengan membagikan kuesioner dibagikan kepada dosen akuntansi dan mahasiswa akuntansi melalui media sosial menggunakan Google Sheets. Berdasarkan data yang terkumpul 325 kuisioner dosen dan mahasiswa, model pembelajaran dianalisis menggunakan metode PLS-SEM yaitu menggunakan program SmartPLS versi 3.2. Temuan menunjukkan bahwa niat instruktur untuk mengadopsi pembelajaran digital berbasis game secara langsung dipengaruhi oleh beberapa faktor: dunia teknologi baru, kegunaan membuang rasa bosan, norma subyektif, dan inovasi pribadi. Bahkan jika tidak ada efek kurikulum yang ditemukan, efek kurikulum yang dimediasi dapat diasimilasi secara penuh dan bermanfaat oleh siswa.

Diterbitkan

2023-10-16