Author Guidline

Berikut Ini adalah pedoman penulisan artikel dalam Jurnal Riset Akuntansi yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi penulis.

  1. Sistematika pembahasan dalam artikel setidaknya terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut :

Abstrak bagian ini memuat ringkasan riset, antara lain mengenai : masalah riset, tujuan, metode, tmuan, dan kontribusi hasil riset. Abstrak disajikan di awal teks dan terdiri antara 150 s/d 200 kata (sebaiknya disajikan dalam bahasa inggris). Abstrak diikuti dengan tiga kata kunci (keywords) untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.

  1. Pendahuluan menguraikan latar belakang penelitian, rumusan masalah, maksud dan tujuan penelitian, kegunaan penelitian.
  2. Kajian pustaka, kerangka pemikiran dan hipotesis memaparkan kajian pustaka berdasarkan telaah literature yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan kerangka pemikiran dan hipotesis atau proposisi riset dan model riset (jika dipandang perlu).
  3. Objek dan metode penelitian memuat objek penelitian menguraikan objek yang diteliti sesuai dengan judul riset dan metode penelitian yang berisi desain penelitian, operasionalisasi variable, teknik pengumpulan data, unit analisis, teknik penarikan sampel, pengujian hipotesis.
  4. Hasil penelitian dan pembahasan menguraikan hasil penelitian memuat hasil penelitian yang telah dilakukan dan pembahasan memuat analisis statistik (jika ada) dan analisis ekonomi.
  5. Kesimpulan dan saran menguraikan kesimpulan penelitian dan saran berisi solusi dan kelemahan penelitian, temuan dan keterbatasan penelitian.
  6. Daftar pustaka memuat sumber-sumber yang dikutip di dalam penulisan artikel. Hanya sumber yang diacu yang dimuat di daftar referensi ini.

Lampiran memuat table, gambar, dan isntrumen riset yang digunakan.

  1. Artikel diketik dengan jarak baris satu spasi pasa kertas A4 (21 cm x 29,7 cm). kutipan langsung yang panjang (lebih dari tiga baris) diketik dengan jarak baris satu dengan indented style (bentuk berinden).
  2. Panjang artikel tidak lebih atas 7.000 kata (dengan Janis huruf arial ukuran 10) atau maksimal 25 halaman.
  3. Margin atas = 4 cm dan bawah, kiri dan kanan = 3 cm.
  4. Halaman muka (cover) setidaknya menyebutkan judul artikel dan identitas penulis).
  5. Semua halaman, termasuk table, lampiran, dan referensi harus diberi nomor urut halaman.
  6. Table/gambar sebaiknya dapat disajikan pada halaman terpisah dari badan tulisan (umumnya di bagian akhir naskah). Penulis cukup menyebutkan pada bagian di dalam teks, tempat pencantuman table atau gambar.
  7. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul yang sesuai dengan isi tabel atau gambar dan sumber kutipan (bila relevan).
  8. Kutipan dalam teks sebaiknya ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun, koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.

Contoh

  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis (Brownell 1981). Jika disertai nomor halaman : (Brownell 1981).
  2. Satu sumber kutipan dengan dua penulis (Frucot dan Shearon 1991).
  3. Satu sumber kutipan dengan lebih dari dua penulis (Gul dkk. 1995 atau Hotstede et al. 1990).
  4. Dua sumber kutipan dengan penulis yang berbeda (Dunk 1990; Mia 1988).
  5. Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama (Brownell 1981, 1983) Jika tahun publikasi sama (Brownell 1982a, 1982b).
  6. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya (IAI, 1994).
  1. Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) dengan ketentuan penulisan sebagai berikut ;
  1. Daftar pustaka disusun alfabetis sesuai dengan nama penulis atau nama institusi.
  2. Susunan setiap referensi ; nama penulis, tahun publikasi, judul jurnal atau buku teks, nama jurnal atau penerbit, nomor halaman.
  3. Contoh :

American Accounting Association, Committee on Concepts and Standards for External Financial Reports. 1997. Statement on Accounting Theory and Theory Acceptance/ Sarasota, FL : AAA.

Demski, J.S., dan D.E.M. Sappington. 1989. Hierarchical Structure and Responsibility Accounting, Journal of Accounting Research 27 (Spring) ; 40-58.

Dye, R.; B. Balachandran; dan R. Magee. 1989. Contigent Fees for Audit Firm. Working paper, Nortwestern University, Evansto, II.

Indriantoro, N. 1993. The Effect of Participative Budgeting on Job Performance and Job Satisfaction with Locus of Control and Cultural Dimensions as Moderating Variables.Ph.D. dissertation. University of Kentucky, Lexington.

Naim, A. 1997. Analysis of The Use of Accounting Product Costs In Oligopolistic Pricing Decisions. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 12 (Oktober) 43-50.

Porcano, T.M. 1984a. Distructive Justice and Tax Policy. The Accounting Review, 59 (October) : 619-636.

_______________, 1984b. The Perceived Effects of Tax Policy on Corporate Investment Intentions. The Journal of the American Taxation Association 6 (Fall) : 7-19.

Pyndyk, R.S. dan D.L. Rubinfield. 1987. Econometric Models & Economic Forecast, 3rd ed., NY : McGrow-Hill Publishing, Inc.

  1. Artikel disubmit di https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jira/index
  2. Artikel akan dipublikasikan pada website https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jira/index