IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.34010/jra.v15i2.9510Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh dariĀ pembelajaran Project Based Learning (PBL) mata kuliah praktikum akuntansi dalam upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan akuntansi. Pembelajaran di perguruan tinggi merupakan interaksi antara dosen dan mahasiswa yang didukung oleh berbagai unsur seperti tujuan, materi pelajaran, sarana prasarana, lingkungan belajar, metode pembelajaran, dan evaluasi. Semua unsur tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Salah satu mata kuliah yang penting adalah Praktikum Akuntansi, dimana penggunaan model pembelajaran yang tepat akan sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Metode konvensional yang hanya berfokus pada materi dari dosen ke mahasiswa sekarang dianggap kurang efektif. Diperlukan metode pembelajaran yang lebih aktif, salah satunya adalah metode Project Based Learning. Kurikulum perguruan tinggi di Indonesia sebaiknya diarahkan pada Case Project Based Learning, dimana mahasiswa belajar melalui analisis kasus dan solusi masalah. Hal ini akan memperoleh keterampilan sebagai project-solver yang handal dan mempersiapkan mereka dengan lebih baik dalam memasuki dunia kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada prodi Akuntansi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dari skala likert. Pendekatan yang membantu dalam mempelajari praktik akuntansi kebanyakan responden setuju bahwa PBL membantu mereka dalam mempelajari praktik akuntansi, dan tidak ada responden yang menganggap program ini kurang bermanfaat.