PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN MARKETPLACE DAN FINTECH TERHADAP PENJUALAN UMKM KULINER DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.34010/jra.v15i1.9265Abstrak
Merebaknya virus Covid-19 di Indonesia berdampak pada penurunan omzet penjualan UMKM terlebih UMKM di bidang kuliner. Dengan demikian, UMKM memerlukan strategi agar dapat mempertahankan usahanya salah satunya dengan pemanfaatan teknologi berupa marketplace dan financial technology. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan marketplace dan penggunaan financial technology terhadap peningkatan penjualan UMKM kuliner di Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer, dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan secara bauran. Populasi dalam penelitian ini yaitu UMKM kuliner yang ada di daerah Kota Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis jalur dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan marketplace secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan UMKM, sementara penggunaan financial technology secara parsial tidak berpengaruh terhadap peningkatan penjualan UMKM, dan secara simultan kepuasan pelanggan marketplace dan penggunaan financial technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan UMKM.