PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PAJAK TERHADAP TRANSFER PRICING
DOI:
https://doi.org/10.34010/jra.v14i2.6966Abstrak
Transfer pricing sudah merupakan permasalahan global yang dapat terjadi juga di Indonesia. Perusahaan multinasional dengan banyak entitas di berbagai negara dengan kebijakan tarif pajak yang berbeda, dapat mendorong terjadinya transfer pricing. Pengaruh perusahaan pusat yang sangat dominan dalam kebijakan manajemen perusahaan entitasnya melalui hubungan istimewa sebagai kunci terjadinya transfer pricing, terutama pada perusahaan manufaktur. Penelitian bertujuan menganalisis dampak ukuran perusahaan dan tax kepada transfer pricing di 12 (dua belas) perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen terdaftar tahun 2018-2020. Teknik analisis menguji hipotesis dengan regresi logistik, uji interaksi dan uji signifikansi regresi logistik untuk mengetahui probabilitasnya. Hasilnya menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan pajak mempunyai dampak negatif terhadap transfer pricing.
Kata kunci: Ukuran perusahaan, pajak, transfer pricing