Abstract

Program kesehatan reproduksi harus dilaksanakan secara serempak dan berkesinambungan. Dengan demikian, pemanfaatan internet menjadi salah satu alternatif yang efisien dan efektif. Hal ini didasarkan pada pertimbangan penetrasi pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat. E-Marketing adalah aktivitas pemasaran dengan menerapkan internet. Salah satu media dalam E-Marketing adalah pemanfaatan website. Website untuk pemasaran program kesehatan reproduksi sangat tepat karena memiliki jangkauan luas dan tepat sasaran, keragaman isi pesan, ekonomis, dan lain-lain. Hal ini akan membuat program kesehatan reproduksi mendapatkan respons positif sehingga menyebar, baik secara word of mouth maupun online. Program kesehatan reproduksi merupakan program jangka panjang dan bersifat berkesinambungan, yang mempunyai tujuan utama untuk merubah perilaku masyarakat khususnya perempuan Indonesia. Perubahan perilaku itu sendiri tidak terlepas dari perubahan kognitif (pengetahuan) dan perubahan afektif (sikap). Dengan demikian, penggunaan website sebagai media pemasaran sosial program kesehatan reproduksi sangat relevan untuk diterapkan