PERAN AGENDA SETTING MEDIA MASSA DALAM KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA ECERAN TERTINGGI (HET) BERAS OLEH PEMERINTAH

Triagustina Martha, Irwansyah Irwansyah

Abstract


In daily life - the mass media presents a variety of information, news, issues, events that occur in society. Technological developments that make it easier for people to receive information quickly make people more open with a variety of information. The mass media agenda that preaches an information event issue can have an impact on the determination of government policy. Agenda setting describes the strength, influence, the media are very strong against the formation of public opinion because the media put pressure on an event then the media can influence the audience to assume important. The media setting agenda has a role in determining the government's policy of setting the rice HET. Rice is a basic necessity of Indonesian society, so any issues related to rice will cause a polemic. The media considers rice issues to be a potential media agenda for priority. Moreover, the regulation on rice stipulation has not existed before and this regulation has been proven in the last 5 months has experienced 3 changes.

Dalam kehidupan sehari – hari media massa menyajikan beragam informasi, berita, isu, peristiwa yang terjadi di masyarakat. Perkembangan teknologi yang memudahkan masyarakat menerima sebuah informasi dengan cepat menjadikan masyarakat semakin terbuka dengan berbagai macam informasi. Agenda media massa yang memberitakan suatu isu peristiwa informasi dapat berdampak terhadap penentuan kebijakan pemerintah. Agenda setting menggambarkan kekuatan, pengaruh, media yang sangat kuat terhadap pembentukkan opini masyarakat karena media memberi tekanan pada suatu peristiwa maka media dapat mempengaruhi khalayak untuk mengganggap penting. Agenda setting media mempunyai peranan dalam penentuan kebijakan pemerintah dalam menetapkan HET beras. Beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, maka isu apapun yang berkaitan dengan beras akan menimbulkan polemik. Media menganggap berita isu mengenai beras menjadi agenda media yang potensial untuk diprioritaskan terlebih lagi peraturan mengenai penetapan beras belum ada sebelumnya dan peraturan ini terbukti dalam 5 bulan terakhir ini telah mengalami 3 kali perubahan.


Keywords


Agenda setting; policy; mass media;HET Rice;media massa;kebijakan;HET Beras

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.

Effendy, Onong Uchjana. 2001. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. 2007. Analisi Framing: Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. LKIS

Jones, Charles O. 1996. Pengantar Kebijakan Publik (Publik Policy). Jakarta: Rajawali.

Mustopadjaja. 2003. Manajemen Proses Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi Dan Evaluasi Kinerja. Lembaga Administrasi Negara Jakarta.

Rakhmat Jalaludin. 1985. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sendjaja Sasa Djuarsa. 2002. Pengantar Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

William R. Rivers at.al. 2003 Media Massa dan Masyarakat Modern Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media.

https://indonesiana.tempo.co/read/116349/2017/09/12/romadhonjulkhaidar/mengapa-harga-beras-susah-diatur-pemerintah.

Siaran Pers Mendag Tetapkan Harga Eceran Tertinggi Beras Medium dan Premium di http://www.kemendag.go.id/id/news/2017/08/24/mendag-tetapkan-het-beras-medium-dan-premium.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.