Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana instagram dimanfaatkan oleh pasangan "ARTYS" : Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati sebagai sarana kampanye pilkada di tengah pandemi covid-19. Covid-19 tidak hanya berdampak kepada kesehatan saja, tetapi juga beradampak juga terhadap pendidikan, politik, budaya dan ekonomi. Selain itu juga telah menunda pelaksanaan pilkada yang mulanya akan dilaksanakan pada september 2020. Dalam tulisan ini khusus akan membahas bagaimana pesan yang disampaikan oleh akun instagram @Ariefrohman838 dan bagaimana strategi yang dilakukan kepada masyarakat karena tidak dapat bertemu secara langsung. Oleh karena itu penulis mengangkat sosial media instagram sebagai sarana kampanye. Bagaimana penyampaian pesan yang disampaikan dan bagaimana cara strategi penyampaian akan lebih mendominasi pembahasan didalam tulisan ini. Penulis juga mencoba untuk menganalisis konten instagram yang telah dipublikasikan terhadap jumlah pemilih pada pilkada Blora tahun 2020. Apakah Kampanye yang telah dilaksanakan oleh Pasangan calon Pilkada sudah efektif. Hal tersebut bisa dilihat dari tingkat antusiasme masyarakat. Bisa dikatakan strategi yang  digunakan sudah efektif.  Karena pemanfaatan Instagram sebagai Sarana Kampanye telah memberikan berpengaruh kepada masyarakat.