Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun yang akan selalu diingat oleh masyarakat dunia khusunya masyarakat indonesia karena adanya covid-19 yang saat ini belum ditemukan obatnya. Panic buying adalah salah satu dampak dari adanya pemberitaan hoaks akibat covid-19 yang belum bisa diatasi oleh pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagiamana perubahan perilaku masyarakat akibat adanya berita hoaks yang menyebabkan panic buying saat adanya pandemik covid-19 di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik wawancara guna mendapatkan informasi dari narasumber yang telah memenuhi kriteria yang diperlukan peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan adanya perubahan perilaku akibat adanya berita hoaks akibat adanaya covid-19 yang menyebabkan timbulnya kekhawatiran berlebih yang mengakibatkan timbul aksi panic buying di masyarakat Kota Bandung.