KONSUMERISME PADA IKLAN MAJALAH PEREMPUAN

Main Article Content

Uud Wahyudin
Melly Maulin Purwaningwulan

Abstract

Majalah merupakan media yang berdampak pada pola konsumerisme. Dampak yang ditimbulkan tidak selalu negatif namun juga tidak sepenuhnya positif. Majalah wanita merupakan media yang berorientasi dengan iklan dan konsisten mempromosikan ideologi konsumerisme. Majalah wanita memiliki standar mengenai apa yang ideal dan tidak untuk wanita, memberikan saran untuk mencapai idealitas dengan menawarkan produk-produk untuk memenuhinya. Iklan merupakan industri yang semakin maju. Keberadaan iklan menjadi hal yang wajar dan tidak terpisahkan dari majalah. Dengan iklanlah, majalah membawa nilai-nilai dalam informasinya. Strategi kreatif iklan di majalah, menjadikan iklan majalah memiliki kekuatan lebih dari iklan-iklan di media lainnya. Majalah membentuk persepsi masyarakat melalui penciptaan realitas virtual dalam media. Majalah seolah-olah menjadi standar yang mendorong konsumen untuk mengkonsumsi produk. Dalam pemaparan konsumerisme pada iklan majalah perempuan ini akan ditelaah dari aspek perempuan sebagai target potensial dari iklan, strategi kreatif iklan majalah perempuan dan aspek-aspek konsumerisme pada iklan majalah perempuan

Article Details

Section

Artikel

References

Amir Piliang, Yasraf. 2004. Dia yang dilipat : Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung : Jalasutra

Baudrillard, Jean P. 2004. diterjemahkan oleh Wahyunto. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact: Pengantar Media Massa. Jakarta : Salemba Humanika.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta : PT. Erlangga

Kasali, Rhenald. 1995. Manajemen Periklanan. Jakarta : PT. Erlangga

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu

Lee Monle.2011. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup

Roman, Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz. 2005. How To Advertise, Membangun Merek dan Bisnis dalam Dunia Pemasaran Baru, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Suhandang, Kustadi. 2005. Periklanan. Bandung : Nuansa

Subandy, Idi. 2009. Kecerdasan Komunikasi Seni Berkomunikasi Kepada Publik. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Stearns, Peter N. 2003. Consumerism in World History: The Global Transformation of Desire. New York; Routledge

Wibowo, Wahyu. 2003. Sihir Iklan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Potensi Pasar Produk-Kecantikan di Indonesia. http://www.marketing.co.id.