STRATEGI KEAMANAN CYBER AMERIKA SERIKAT

Dewi Triwahyuni, Tine Agustin Wulandari

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah memberikan perubahan yang signifikan dari konsep keamanan. Saat ini, negara-negara tidak terbatas untuk berinteraksi secara fisik dalam ruang nyata tetapi juga meluas ke dunia maya. Akibatnya, negara harus beradaptasi dengan perkembangan ini. saat ini konsep keamanan cyber harus ditetapkan sebagai salah satu dari "wilayah" negara yang harus dijaga sebagai kewajiban negara untuk mengamankan perbatasannya. Sekarang interaksi antara aktor-aktor hubungan internasional tidak hanya di darat, laut dan udara saja. Interaksi antara aktor juga dilakukan di ruang virtual ke pilihan lain untuk mencapai kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pentingnya strategi keamanan cyber dalam kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Di mana Amerika Serikat dalam 10 tahun terakhir sangat intens menelurkan strategi keamanan cyber. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendapatkan jawaban yang mendalam terhadap permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Amerika Serikat telah menempatkan keamanan cyber sebagai prioritas utama dalam kebijakan luar negerinya. Hal ini jelas disebutkan dalam dokumen resmi dan strategi keamanan AS. Amerika Serikat menyadari bahwa itu memerlukan strategi yang komprehensif untuk melindungi kepentingan nasional dalam dunia global.


Full Text:

PDF

References


Columbis, Theodore A. & Wolf, James. 1990. Pengantar Hubungan Internasional: Keadialan dan Power, Bandung: CV.

Abardin. Cyber Security Awareness: Perguruan Tinggi dan Ancaman Digital. http://www.ciso.co.id/2013/10/cybersecurity-awareness-perguruan-tinggi-danancaman-digital/

Ghernaouti, Solange. 2013. Cyber Power : Crime, Conflict and Security in Cyberspace. Lausanne: EPFL Press.

Hara, Abubakar Eby. 2011. Pengantar Analisis Politik Luar Negeri: dari

Realisme sampai Konstruktivisme. Bandung: Nuasana Cendikia.

Hudson, Valerie M. 2008. "The History and Evolution of Foreign Policy," dalam Steve Smith, Amelia Hadfield dan Tim Dunne (eds), Foreign Policy: Theories, Actors, Cases. New York: Oxford University Press.

Mas'oed, Mochtar. 1989. Studi Hubungan-Internasional, Tingkat Analisis dan Teorisasi. Yogyakarta: Pusat antar Universitas-studi Sosial UGM.

Perwita, Anak Agung Banyu & Yani, Yanyan A. 2005. Pengantar Ilmu Hubungan Internasional. Bandung: Rosdakarya.

Sitompul, Josua. 2012. Cyberspace, Cybercrimes, Cyberlaw: Tinjauan Aspek Hukum Pidana. Jakarta: PT. Tatanusa.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Winarno, Budi. 2014. Dinamika Isu-isu Global Kontemporer.Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Departement of Defense Strategy for Operating in Cyber Space. U.S. International Strategy for Cyberspace The Department of Defense (DoD) Cyber Strategy Cyberspace Policy Revie.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.