REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN "FAIR AND LOVELY" VERSI NIKAH ATAU S2

Ditha Prasanti, Preciosa Alnashava Janitra

Abstract


Perempuan dalam bingkai media massa seringkali menjadi topik pembicaraan menarik yang tak berujung. Fenomena ini bukan hal yang tabu lagi untuk diperbincangkan. Apalagi mengingat tayangan iklan yang mengeksploitasi perempuan dalam media televisi yang bersifat audio visual memiliki pengaruh sangat besar terhadap jiwa pemirsa utamanya anak karena gambar yang ditayangkan terlihat hidup seolah nyata. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Peneliti akan mengupas makna denotasi, konotasi, dan mitos mengenai representasi perempuan dalam iklan Fair and Lovely versi Nikah atau S2. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari iklan televisi Fair and Lovely versi Nikah atau S2. Sedangkan untuk data sekunder, peneliti melakukan studi literature dengan mencari referensi melalui literatur-literatur baik dari buku, jurnal dokumen, maupun sumber-sumber lain yang terkait dengan iklan dan gender serta topik lain yang relevan dengan penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini yaitu berdasarkan analisis dua tahap penandaan, terdapat tiga mitos di balik iklan Fair and Lovely versi Nikah atau S2 dalam merepresentasikan perempuan. Mitos-mitos tersebut yaitu perempuan sulit mengambil keputusan, perempuan harus tampil cantik, serta bahwa perempuan harus berusaha untuk setara dengan laki-laki.


Full Text:

PDF

References


Athiya. (2012). Seminar mengenai Perempuan dan Media. Bandung: UIN.

Bordieu, Pierre. (2010). Dominasi Maskulin. Yogyakarta: Jalasutra

Burton, Graeme. (2012). Media dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra

______________. (2011). Membincangkan Televisi: Sebuah Pengantar Kajian Televisi. Yogyakarta: Jalasutra

Kusrianti, Anik. (2004). Analisis Wacana Iklan Lagu Puisi Cerpen Novel Drama. Bandung: Simbiosa.

Piliang, Yasraf Amir. (2003). Hipersemiotika "Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna". Bandung: Jalasutra.

Martadi. (2001). Citra Perempuan dalam Iklan di Majalah Femina Edisi Tahun 1999. Jurnal. Deskomvis volume 3, nomor 2 Juli 2001.

Sobur, Alex. (2001). Analisis Teks Media; Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Rosda.

Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Sushartami, Wiwik. (2002). Perempuan Lajang: Meretas Identitas di Luar Ikatan Perkawinan. Jurnal Perempuan No. 22 Tahun 2002

Martadi. (2001). "Citra Perempuan dalam Iklan di Majalah Femina Edisi Tahun 1999", http://puslit.petra.ac.id/journals/design/.

Kusrianti, Anik. (2004). "Wacana Iklan Pigeon Two Way Cake Kajian Kohesi Tekstual dan Kontekstual". Analisis Wacana. Bandung: Pakar Raya.

Kweldju, Siusana. (2001). "Keberwacanaan Visual Mencermati Peran Perempuan dalam Iklan", http://puslit.petra.ac.id/journals/design/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.