PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI OLEH PENGELOLA INDUSTRI KREATIF FASHION DI KOTA BANDUNG

Gumgum Gumilar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai Sarana Promosi oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Penelitian difokuskan pada Pengelola yang menggunakan instagram sebagai sarana promosi, ada tidaknya personil khusus yang mengelola instagram, frekuensi update informasi di instagram, materi promosi, keunggulan yang dipromosikan, penilaian keberhasilan promosi, kriteria dan tingkat keberhasilan promosi melalui instagram. Metode yang dilakukan adalah Survey dengan teknik analisis deskripstif. Teknik Pengumpulan data antara lain penyebaran angket/questioner, wawancara dan studi pustaka. Populasi penelitian adalah 220 pengelola. Sampel diukur dengan rumus Yamane yang menghasilkan ukuran sampel 69, diproporsikan berdasarkan wilayah dan ditentukan dengan cara random. Hasil penelitian memperlihatkan seluruh responden menggunakan media sosial dan instagram merupakan media sosial yang paling banyak digunakan dan dinilai paling efektif oleh Pengelola Industri Fashion di Kota Bandung. Sebagian besar pengelola atau sekitar 97% menyediakan personil dan dana khusus untuk mengelola instagram.78% pengelola melakukan update informasi di instagram setiap hari dan materi yang paling banyak diinformasikan mengenai daftar produk serta kualitas produk menjadi keunggulan yang dipromosikan di instragram.Sebanyak 61% pengelola selalu melakukan penilaian keberhasilan promosi dengan jumlah Friends/Like/Members sebagai kriteria utama penilaian. Promosi melalui instagram dianggap sudah berhasil oleh sekitar 59% pengelola dan dinilai belum optimal oleh 32 % pengelola Industri Fashion di Kota Bandung.

Full Text:

PDF

References


Boyd, D. (2009, 26 February). "Social Media is Here to Stay...Now what?". Blog posted to http://www.danah.org/papers/talks/MSRTechFest2009.html.

Djik, J. v. (2006). The Network Society (2nd ed.). London, Thousand Oaks, New Delhi: SAGE Publications.

Nasrullah, Rully. (2015). Media Sosial : Perspektif, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Safko, L., & Brake, D. K. (2009). The Social Media Bible. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Sumber Lain :

.......... http://wearesocial.sg/tag/indonesia/. Diakses Sabtu, 2 Mei 2015 pukul 09.35 wib.

.......... Daftar Nama Distro dan Factory Oulet Terkenal di Bandung. Diakses Jumat, 1 Mei 2015 pukul 20.05 wib. http://www.tempatwisatadijawabarat.com/2014/07/daftar-nama-distro-factory-outlet-bandung.html

.......... Daftar FO di Kota Bandung. Diakses Minggu, 3 Mei 2015 pukul 10.15 wib. http://informasi-daftar.blogspot.com/2013/03/daftar-fo-di-kota-bandung.html

.......... Mengenal Industri Kreatif di Indonesia. Diakses Sabtu, 2 Mei 2015 pukul 19.35 wib. http://bisnisukm.com/mengenal-industri-kreatif-di-indonesia.html.

.......... 14 Sub Sektor Industri Kreatif di Indonesia.Diakses Minggu 3 Mei 2015 pukul 10.05 wib.http://ekonomi-kreatif.blogspot.com/2008/11/14-sub-sektor-industri-kreatif.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.