TERPAAN IKLAN MENDORONG GAYA HIDUP KONSUMTIF MASYARAKAT URBAN

Olih Solihin

Abstract


Semakin leluasanya golongan produsen dalam mengiklankan produk mereka, semakin besar kesempatan mempersuasi calon konsumen untuk membeli setiap produknya. Kesempatan iklan yang begitu besar tersebut karena didukung dengan semakin banyak media massa baik yang konnvesional maupun jenis media baru. Masyarakat urban atau perkotaan merupakan tujuan utama dari golongan pengiklan ini, sebab akses mereka terhadap media massa jauh lebih besar. Akibat terpaan iklan yang begitu gencar dan sporadis tersebut maka konsekuensinya, terjadilah pergeseran gaya hidup di kalangan masyarakat urban, menjadi konsumtif. Selain memenuhi kebutuhan hidup, mereka juga berusaha untuk memenuhi setiap keinginan hidupnya.

Full Text:

PDF

References


Amir Piliang, Yasraf. 2004. Dia yang dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung: Jalasutra

Batey, Ian. 2003. Asian Branding : A Great Way To Fly. Alih bahasa, Wahab, Abdul. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer

Effendi, Onong 1981. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni

Engel, F. James, Roger D. Blackwell and Paul W. Miniard .1994. Prilaku Konsumen, Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara

J. Paul Peter, Jerry C. Olson. 2000. Cunsumer behavior: Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Kasali, Rhenald. 1995. Manajemen Periklanan. Jakarta: PT Erlangga

Kartajaya, Hermawan .2004. On Positioning, Seri 9 Elemen Marketing, Jakarta : PT. Mizan Pustaka

Lina & Rasyid, H.F. 1997. Perilaku Konsumtif Berdasarkan "Locus Of Control" pada Remaja Putra, Jurnal Psikologika. Jakarta

Madjadikara, Agus S 2004. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan?, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Morissan, M.A. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Maulana. Amalia E. 2009. Consumer INSIGHTS via Ethnography. Jakarta: Esensi

Roman, Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz.2005. How To Advertise, Membangun Merek dan Bisnis dalam Dunia Pemasaran Baru. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Subandy, Idi. 2009. Kecerdasan Komunikasi Seni Berkomunikasi Kepada Publik. Bandung: simbiosa rekatama.

Suhandang, Kustadi 2005. Periklanan : Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Nuansa

Suyanto, M. 2004. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Yogyakarta : Andi Offset

Wibowo Wahyu. 2003. Sihir Iklan (Format Komunikasi Mondial dalam Kehidupan Urban-Kosmopolit). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Wirya, Iwan .1999. Kemasan Yang Menjual : Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Widyatama, Rendra. 2010. Pengantar Periklanan. Jakarta: Pustaka

Wagner, Gaya Hidup "Shopping mall" Sebagai Bentuk Perilaku Konsumtif Pada Remaja di Perkotaan, Skripsi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.