PEMODELAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (KPPT) KOTA CIMAHI

  • Titin Rohayatin

Abstract

KPPT Cimahi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dapat dikatakan belum optimal hal ini terlihat darirendahnya kualitas aparatur dalam mengkomunikasikan kebijakan, terbatasnya sarana dan media yang dimiliki,iklim komunikasi yang belum menunjang terhadap kualitas pelayanan publik, masih terdapatnya penyakitbirokrasi serta informasi dan pesan yang disampaikan oleh aparat KPPT kurang terserap. Tujuan penelitianadalah untuk menggambarkan pelaksanaan, hambatan, upaya dan membuat model kualitas penyelenggaraanpelayanan publik di KPPT Cimahi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitis denganpendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan yaitu melaluiobservasi dan wawancara mendalam. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive. Hasil penelitianmenunjukkan pelaksanaan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dapat diinterpretasikan kurang baik,ini terlihat dari minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki serta peralatan dan perlengkapan yang belummemadai, sehingga dapat berakibat terlambatnya proses pelayanan kepada masyarakat. Kurang tanggapnyaaparat kepada persoalan yang dihadapi masyarakat perlu menjadi perhatian dan segera di atasi supaya prosespelayanan dapat optimal. Kedepannya ini lebih diperhatikan supaya proses pelayanan berjalan dengan baik.Sedangkan dimensi emphaty dapat dikatakan cukup baik, dengan cukup baiknya hal ini diharapkan prosespelayanan dapat berjalan dengan optimal. Hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik antara lain masihrendahnya kualitas sumber daya manusia, masih minimnya sarana dan prasarana penunjang dalam pelayananpublik. Upaya yang dilakukan KPPT Kota Cimahi adalah pelatihan terhadap sumber daya manusia, pengajuansarana dan prasarana pendukung. Terbentuknya model kualitas pelayanan publik yaitu model terpisah, modelsistem pelayanan satu atap, dan model pelayanan satu pintu.
Published
2017-05-17