PENERIMAAN AUDIENS TERHADAP REPRESENTASI BULLYING DALAM ‘FILM KOE NO KATACHI’

Main Article Content

Najla Durrotulhikmah
Nina Yuliana

Abstract

Film "Koe no Katachi" menceritakan drama remaja yang mengangkat isu bullying terhadap tuna rungu, sebuah fenomena yang menjadi hal lumrah di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana audiens memaknai dan mengetahui posisi mereka dalam penerimaan terhadap representasi bullying dalam film "Koe no Katachi." Dalam mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi (reception analysis) model encoding-decoding Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan adanya klasifikasi informan menjadi tiga posisi, yaitu dominant-hegemonic, negotiated, dan oppositional. Audiens pada posisi dominant-hegemonic memahami pesan sesuai dengan yang diharapkan oleh pembuat film. Audiens pada posisi negotiated memahami dan setuju dengan pesan film, namun terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan nilai dan minat mereka. Sementara itu, audiens pada posisi oppositional mengerti makna film tetapi memiliki pandangan yang berbeda dalam menafsirkan pesan tersebut. Penerimaan audiens ini dipengaruhi oleh faktor seperti frame of reference dan field of experience, yang mendasari bagaimana mereka memahami dan menafsirkan film.

Article Details

Section

Artikel