Application of Design Thinking in Designing a Digital Financial Reporting Platform

  • Arien Arianti Gunawan* Universitas Telkom
  • Aziza Nur Fatiha Universitas Telkom
  • Alya Alifia Humaira Universitas Telkom
  • Cika Adistiya Universitas Telkom

Abstract

This research aims to create a new innovation that can help MSME actors manage their finances by using financial reports in accordance with existing accounting standards as practically as possible and digitally based. This study uses a design thinking approach and a qualitative approach which aims to gain a deep understanding, develop theoretical foundations, and describe the reality of the research scope. The technique used is in the form of collecting data sourced from MSME actors in the city of Bandung. The results of this study contribute to knowledge about design thinking and entrepreneurship as well as for the parties involved, and most of the research samples said it would be helpful if this digital financial reporting platform was developed.

Keywords: Design Thinking; Digital Financial Reporting; MSMEs; Accounting; Digital Platform

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah inovasi baru yang dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengelola keuangannya dengan menggunakan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang ada dengan sepraktis mungkin dan berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan design thinking dan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam, mengembangkan dasar-dasar teori, serta mendeskripsikan realitas ruang lingkup penelitian. Teknik yang digunakan berupa pengumpulan data yang bersumber dari pelaku UMKM di Kota Bandung. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengetahuan mengenai design thinking dan kewirausahaan maupun bagi pihak-pihak yang terlibat, dan sebagian besar dari sampel penelitian ini mengatakan akan terbantu bila platform laporan keuangan digital ini dikembangkan.

Kata Kunci: Design Thinking; Laporan Keuangan Digital; UMKM; Akuntansi; Platform Digital

Published
2023-06-27
How to Cite
Gunawan*, A., Fatiha, A. N., Humaira, A. A., & Adistiya, C. (2023). Application of Design Thinking in Designing a Digital Financial Reporting Platform. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 12(2), 257-268. https://doi.org/10.34010/jika.v12i2.9543
Section
Articles