ANALISIS TABUNGAN SIMPEDA SEBAGAI SALAH SATU SUMBER DANA PIHAK KETIGA PADA PT. BANK JABAR BANTEN CABANG PADALARANG

Nana Darna

Abstract


ABSTRAK
Bank merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan yang kegiatan utamanya menghimpun dana dari masyarakat luas dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito. Kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat dalam bentuk kredit serta memberikan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.
Salah satu sumber dana yang dihimpun dari masyarakat oleh bank adalah tabungan. Tabungan berperan penting dalam menyediakan sumber dana bank yang bermanfaat begi kegiatan operasi bank dan merupakan ukuran keberhasilan bagi bank jika mampu membiayai operasinya dari sumber dana ini.
Berdasarkan hal tersebut maka penulis mengadakan penelitian tentang “Analisis Tabungan SIMPEDA Sebagai Salah Satu Sumber Dana Pihak Ketiga Pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Padalarang”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Tabungan SIMPEDA pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Padalarang dan untuk mengetahui perkembangan sumber dana pihak ketiga periode 2004-2008, selain itu untuk mengetahui seberapa besar perkembangan Tabungan SIMPEDA sebagai salah satu sumber dana pihak ketiga.
Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan cara tinjauan langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dan kemudian menganalisisnya.
Perkembangan tabungan SIMPEDA dari tahun 2004-2008 mengalami kenaikan meskipun sempat mengalami penurunan. Jumlah tabungan SIMPEDA selalu berdampak terhadap jumlah sumber dana pihak ketiga. Akan tetapi kenaikan jumlah tabungan SIMPEDA tahun 2005 tidak diikuti dengan kenaikan sumber dana pihak ketiga. Hal ini disebabkan fluktuasinya jumlah sumber dana lain yaitu simpanan giro dan deposito.
Kata Kunci : Tabungan dan Sumber Dana Pihak Ketiga

Refbacks

  • There are currently no refbacks.