ANALISIS MODAL SENDIRI TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI PRIMER KARTIKA ARDAGUSEMA CIMAHI

Linna Ismawati

Abstract


ABSTRAK
Perekonomian Indonesia digerakkan oleh tiga pilar pelaku ekonomi yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan Koperasi. Koperasi merupakan salah satu kekuatan ekonomi yang mendorong tumbuhnya perekonomian nasional. Untuk dapat menjalankan dan meningkatkan kegiatan operasionalnya tersebut, Koperasi memerlukan modal dari para anggotanya yang terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, dana cadangan serta hibah.
Bersumber dari simpanan pokok, simpanan wajib, dana cadangan serta hibah yang para anggota pakai untuk menjalankan dan meningkatkan unit usaha tersebut, di dapat sebuah keuntungan dari usaha setip unit. Keuntungan yang di peroleh koperasi dari hasil modal sendiri yang para anggota pakai pada setiap unit usaha disebut dengan Sisa Hasil Usaha (SHU). Penulis melakuan Penelitian ini,mencoba untuk mengetahui bagaimana Analisis Modal Sendiri Terhadap Sisa Hasil Usaha pada Koperasi Primer Kartika Ardagusema Cimahi.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode dekriptif. dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah laporan keuangan , neraca dan laporan keuangan laba rugi dari Koperasi Primer Kartika Ardagusema yang dipublikasikan. pada tahun 2008 sampai 2014.Hasil Penelitian mengenai Tingkat Modal Sendiri dalam Meningkatkan Sisa Hasil Usaha, dapat disimpulkan bahwa tingkat kenaikan dan kecukupan modal tidak diimbangi dengan meningkatnya sisa hasil usaha, hal ini disebabkan karena di karenakan oleh pengeluaran koperasi yang besar (naik) sehingga perolehan Sisa Hasil Usaha tersebut menjadi berkurang pada tahun 2010 dan 2012
Kata Kunci : Modal Sendiri, Sisa Hasil Usaha

Refbacks

  • There are currently no refbacks.