ANALISIS PERANAN MANDIRI TABUNGAN DALAM MENINGKATKAN PERKREDITAN PADA PT BANK MANDIRI CABANG PEMBANTU LEMBANG

Maiyaliza Maiyaliza

Abstract


ABSTRAK
Bank adalah Badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.
Metode yang digunakan penulis dalam laporan Tugas akhir ini adalah dengan menggunakan metode daskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Sementara teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah dengan menggunakan teknik studi kepustakaan dan studi lapangan yaitu berupa observasi dan wawancara.
Peningkatan Mandiri Tabungan pada Bank Mandiri Cabang Pembantu Lembang dari tahun ketahun mengalami kenaikan.Peningkatan dimulai dari tahun 2005 samapai 2006.Tetapi pada tahun 2007 mengalami penurunan karena pengeluaran masyarakat lebih besar dari pada pendapatannya maka dari itu jumlah nasabah berkurang sehingga pada tahun itu jumlah tabungan menurun. Tetapi pada tahun selanjutnya yaitu tahun 2008 samapi 2009 kembali mengalami peningkatan
Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa jumlah mandiri tabungan mempunyai peranan dalam meningakatkan perkreditan pada Bank Mandiri Cabang Pembantu Lembang dibuktikan persentase tahun 2005 sebesar 26,91, tahun 2006 sebesar 16,35, tahun 2007 sebesar 19,70, tahun 2008 sebesar 14,34 , tahun 2009 sebesar 14,34. Hal ini membuktikan Mandiri Tabungan memiliki peranan Dalam Meningkatkan Perkreditan.
Kata Kunci : Jumlah Mandiri Tabungan dan Jumlah Kredit

Refbacks

  • There are currently no refbacks.