ANALISIS PENGARUH LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. BANK SINARMAS, TBK

Novi Rukhviyanti

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Leverage Keuangan terhadap profitabilitas pada PT Bank Sinarmas Tbk. Penelitian ini dilaksanakan pada Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari perusahaan yang bersangkutan. Data yang diambil berupa data sekunder yang diperoleh melalui laporan keuangan yang terdiri dari Neraca dan Laporan Laba Rugi periode 2009-2013, dan beberapa kajian pustaka.
Metode analisis yang digunakan adalah pengukuran rasio yang terdiri dari Leverage keuangan dengan menggunakan Debt to Asset Ratio (DAR), rasio profitabilitas dengan menggunakan Return on Asset (ROA), analisis regresi sederhana, analisis korelasi, dan analisis koefisien determinasi.
Hasil dari penlitian ini menunjukkan bahwa selama periode 2009-2013, tingkat Leverage keuangan dan profitabilitas beberapa sampel perusahaan mengalami fluktuasi. Dalam analisis regresi sederhana yang dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang negatif antara Leverage keuangan terhadap profitabilitas perusahaan. Dan berdasarkan hasil analisis korelasi maupun koefisien determinan diperoleh kesimpulan bahwa tingkat Leverage (DAR) pada PT Bank Sinarmas Tbk berpengaruh Negatif dan hubungan yang sangat erat. Kata Kunci: Leverage, profitabilitas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.