ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN RASIO RENTABILITAS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK

  • Muktar Abdul Kader

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan, perkembangan dan upaya yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk untuk mengatasi faktor yang menghambat presentase laporan keuangan.
Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2006-2013.
Hasil dari analisis laporan keuangan dengan menggunakan Rasio Rentabilitas menggunakan metode ROA bahwa pada tahun 2006-2011 cenderung mengalami kenaikan tetapi terjadi penurunan tahun 2012 ketidakstabilan ini diakibatkan oleh faktor eksternal berupa penurunan nilai asset surat berharga, selain itu meningkatnya cost of fund yang di akibatkan oleh kenaikan suku bunga di pasar akibat ketatnya persaingan.
Kata Kunci : Analisis Laporan Keuangan, Rentabilitas, Return On Asset (ROA)

Published
2017-10-17
How to Cite
Kader, M. (2017). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN RASIO RENTABILITAS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 4(1). https://doi.org/10.34010/jika.v4i1.363
Section
Articles