ANALISIS RETURN ON ASSETS PADA KOPERASI PEGAWAI PT.POS INDONESIA (KOPPOS) JAKARTA PERIODE 2005-2010

  • Windi Novianti
  • Eva Nurli Sartika
  • Muhammad Iffan

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan pada Koperasi Pegawai PT.Pos Indonesia yang beralamat di Jl.Cilaki No.73 Jakarta. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan Return on Assets pada Koperasi Pegawai PT.Pos Indonesia periode 2005-2010 serta untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan koperasi untuk mempertahankan tingkat Return on Assets.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi.Naik turunnya laba pada perusahaan dapat diketahui denganmenggunakan analisis rasio rentabilitas. Alat ukur yang digunakan adalahReturn on Assets. Return on Assetsmerupakan ukuran kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan semua aktiva yang dimiliki oleh perusahaan.
Objek yang dijadikan penelitian bagi penulis adalah Koperasi Pegawai PT.Pos Indonesia, yang dimana data tentang laporan tahunan berupa neraca dan laporan laba rugi digunakan penulis untuk mengetahui tingkat Return on Assets pada perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan terjadinya fluktuasi pada tahun 2006 dan 2008 yang menyebabkan tingkatan Return on Assets pada perusahaan menurun sebesar 0,65% dan 0,10%. Turunnya tingkatan Return on Assets pada koperasi disebabkan oleh banyaknya anggota koperasi keluar masuk koperasi dan utang macet sehingga koperasi tidak mampu membayar utang ke bank.
Kata Kunci : Return on Assets

Published
2017-10-17
How to Cite
Novianti, W., Sartika, E., & Iffan, M. (2017). ANALISIS RETURN ON ASSETS PADA KOPERASI PEGAWAI PT.POS INDONESIA (KOPPOS) JAKARTA PERIODE 2005-2010. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 4(1). https://doi.org/10.34010/jika.v4i1.361
Section
Articles